Advertisement

Viral Jalan Godean Rusak Disebut Wisata Jeglongan Sewu, Begini Tanggapan Sultan Jogja

Yosef Leon & Sunartono
Rabu, 20 Maret 2024 - 08:37 WIB
Sunartono
Viral Jalan Godean Rusak Disebut Wisata Jeglongan Sewu, Begini Tanggapan Sultan Jogja Spanduk protes dari warga bertuliskan wisata jeglongan sewu di Jalan Godean sebagai bentuk protes kerusakan jalan. - Instagram.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kerusakan Jalan Godean yang berada di wilayah Sleman kembali viral di medsos dalam beberapa hari terakhir. Warga yang kesal karena belum adanya perbaikan pun menggelar demonstrasi di sepanjang Jalan Godean pada Minggu (17/3/2024) lalu. Gubernur DIY sekaligus Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X atau Sultan Jogja menegaskan perbaikan Jalan Godea akan segera dilakukan.

Video warga demonstrasi dengan membawa sejumlah spanduk jenaka berisi kritik ke pemerintah itu pun viral dan bertebaran di dunia maya. Salah satunya diunggah oleh platform Instagram @merapi_uncover.

Advertisement

BACA JUGA : Pemda DIY Akui Sepanjang Ruas Jalan Godean Banyak Kerusakan

"Sing lubang 3 atau 5 yg ditambal 1, setelah itu krna hujan yg ditambal ambyar lubang yg bertambah jadi 10, akhirnya jadi spt kolam kalo hujan [Misal yang lubang 3 atau 5 tetapi yang ditambah cuma 1, setelah hujan tambalan tambah rusak, jadi seperti kolam," tulis salah satu warganet @xxxx_mbahdju.

Sejumlah warganet juga melaporkan kerusakan jalan godean di kolom komentar unggahan tersebut ke akun Instagram Menteri PUPR Basuki Hadimuljono hingga Presiden Jokowi. Viral kerusakan Jalan Godean ini bukan pertama kalinya, pada Febuari 2023 juga terjadi keluhan yang sama. Bahkan saat itu trending topic di platform Twitter karena warganet banyak yang melapor melalui medsos ke akun Gibran Rakabuming meski tidak memiliki kewenangan terhadap perbaikan jalan tersebut.

Kini di 2024 viral kerusakan jalan Godean terjadi lagi setelah warga menyampaikan keluhan dengan cara demonstrasi. Warga membawa spanduk di antaranya bertuliskan Selamat Datang Anda Telah Melewati Wisata Jeglongan Sewu, Habis Jeglongan Terbitlah Tambalan, Jalanku Tak Senecis Seragammu.

Sultan: Segera Diperbaiki

Merespons hal tersebut Gubernur DIY sekaligus Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X atau Sultan Jogja memastikan perbaikan Jalan Godean yang rusak dan diprotes oleh warga akan segera diperbaiki.

Sultan meminta kepada dinas terkait agar melakukan penambalan pada jalan rusak yang lain jika anggaran terbatas. "Kan sudah dilelang. Baru dilelang, selesai nanti April. Provinsi yang ambil mengerjakan," katanya, Selasa (19/3/2024). 

Perbaikan jalan yang rusak harus diprioritaskan oleh dinas terkait agar tidak memakan korban jiwa. Pasalnya, di Jalan Godean yang rusak itu sudah beberapa kali warga mengalami kecelakaan lalu lintas akibat kondisi jalan yang berlubang dan minim penerangan. 

"Ya diperbaiki, yang penting ditambal dulu kalau anggaran belum ada, supaya tidak ada yang kejeglong [jatuh]," jelasnya.

BACA JUGA : Viral Direspons Gibran, Jalan Godean Akhirnya Diperbaiki

Sultan mengakui perbaikan jalan provinsi yang rusak masih terkendala akibat keterbatasan anggaran. Selain itu, waktunya harus menyesuaikan dengan perencanaan anggaran di bulan tertentu saat penyusunan APBD.

"Perbaikan kan nanti tergantung waktunya anggaran, kalau belum ada waktunya anggaran kan juga susah, tapi yang penting ditambal dulu kalau hujan tidak ada korban, orang kan belum tentu tau kalau itu berlubang," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pascaputusan MK dan Penetapan KPU, Mungkin Akan Ada Susunan Koalisi Baru Prabowo-Gibran

News
| Sabtu, 27 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement