Advertisement

Lebaran 2024, Tol Jogja-Solo Fungsional Mulai Beroperasi 5 April

Catur Dwi Janati
Rabu, 20 Maret 2024 - 21:22 WIB
Maya Herawati
Lebaran 2024, Tol Jogja-Solo Fungsional Mulai Beroperasi 5 April Foto Ilustrasi. Sejumlah kendaraan melintasi jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta di Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (21/12/2023). - Antara - Aloysius Jarot Nugroho

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJATol Solo-Jogja-Yogyakarta International Airport (YIA) akan dibuka secara fungsional untuk arus mudik Lebaran mulai Jumat (5/4/2024).

Rencananya, tol dibuka hingga Senin (15/4/2024) sepanjang 22-25 kilometer. Tol fungsional ini akan dibuka mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Hanya kendaraan golongan satu yang diperbolehkan melintasi fungsional Tol Jogja-Solo.

Advertisement

Tol Jogja-Solo (Joglo) akan dibuka satu arah saja. Pada periode mudik, tol akan dibuka mengarah dari Colomadu menuju Klaten. Sementara saat arus balik, fungsional Tol Jogja-Solo akan dibuka satu arah dari Klaten ke Colomadu. Namun skema pembukaan jalur Tol Jogja-Solo ini masih menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat.

Sejumlah jalur alternatif hingga rekayasa lalu lintas disiapkan di DIY untuk mengantisipasi potensi luapan pemudik yang akan melewati Tol Joglo tersebut. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman, Arip Pramana, menjelaskan ada sejumlah ruas jalan yang bakal diproyeksikan sebagai jalur alternatif ketika terjadi penumpukan kendaraan. "Ada beberapa ruas jalan yang digunakan untuk pengalihan arus lalu lintas," ujarnya, Rabu (20/3/2024).

Area di sekitar Prambanan menjadi salah satu titik yang menjadi bagian dari rekayasa lalu lintas saat Lebaran karena berada di perbatasan DIY dan Jawa Tengah. “Di sekitar Prambanan pasti ada rekayasa lalu lintas, mungkin minggu depan sudah ada koordinasi dengan TWC [Taman Wisata Candi] untuk rekayasa,” ungkapnya.

Bila arus lalu lintas dari arah Jogja sudah stagnan di Prambanan, kendaraan akan dialihkan ke sirip-sirip jalan yang ada di sisi utara. Jalur-jalur ini juga bisa digunakan para pengguna jalan yang ingin lebih cepat sampai tanpa melewati jalan utama.

BACA JUGA: Tol Jogja Bawen Dipastikan Belum Beroperasi Fungsional Saat Mudik Lebaran, Ini Penyebabnya

“Kalau dari Jogja sudah stagnan, kendaraan bisa ke kiri melewati Jalan Cangkringan dan Jalan Raden Ronggo plus jalan nasional. Di wilayah Tulung-Kenaji, kemudian sekitar Kalasan, Sidorejo, ke arah Ngemplak, pengendara biasanya ingin lebih cepat sehingga kondisi jalan harus dipastikan bagus,” ujarnya.

Secara umum dari tahun ke tahun, titik-titik jalur pemudik hampir sama di setiap Lebaran. Area Prambanan diproyeksikan masih menjadi titik paling banyak dilewati pemudik karena keberadaan pintu tol fungsional yang berada di Klaten.

Kendaraan yang menumpuk di Prambanan akan sulit untuk dilimpahkan ke jalur alternatif di arah selatan. Sebab, di sana terdapat perlintasan kereta. Dengan demikian, kendaraan dari arah timur akan tetap diarahkan menuju barat sampai flyover Janti. Kondisi berbeda terjadi di area Tempel yang pilihan jalur alternatifnya terbilang banyak. “Ke kiri bisa, ke kanan bisa,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bengkel Motor di Cilangkap Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp500 Juta

News
| Senin, 29 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement