Advertisement

Disdag Uji Sampel Makanan di Pasar Sentul dan Kranggan

Alfi Annisa Karin
Kamis, 21 Maret 2024 - 07:27 WIB
Ujang Hasanudin
Disdag Uji Sampel Makanan di Pasar Sentul dan Kranggan Monitoring keamanan pangan oleh Disdag dan Dinkes Kota Jogja di Pasar Sentul, Rabu (20/3) - Harian Jogja / Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Dinas Perdagangan (Disdag) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jogja melakukan monitoring keamanan pangan di beberapa pasar.

Hal ini menjadi upaya untuk mendeteksi ada atau tidaknya bahan tambahan pangan yang berbahaya pada makanan. Misalnya, boraks atau pewarna. Kegiatan ini rutin dilaksanakan, utamanya di momen Ramadan. Terbaru, Disdag melakukan monitoring dilakukan di Pasar Sentul, Rabu (20/3/2024).

Advertisement

Ketua Tim Kerja Pengawas Perdagangan Disdag Kota Jogja Budi Santoso menuturkan pihaknya mengambil 5 sampel makanan. Sasarannya adalah produk bakso, bakmi basah, teri, agar-agar, dan kerupuk kering. Usai dilakukan pengujian, pihaknya masih menunggu hasil dari Dinas Kesehatan.

"Akan diujicoba oleh Dinkes nanti hasilnya seperti apa hasilnya menunggu dari Dinkes," katanya.

Ini bukan kali pertama Disdag menggelar monitoring keamanan pangan di pasar. Hari sebelumnya, turut dilakukan di Pasar Kranggan. Dari beberapa sampel makanan yang diuji juga nihil temuan bahan-bahan kimia berbahaya pada makanan.

BACA JUGA: BPOM di Yogyakarta Kuatkan Keamanan Pangan di Komunitas Desa, Pasar dan Sekolah

"Seandainya hasilnya mengandung boraks, maka kami dari Disdag akan menindaklanjuti hasil tersebut. Akan kita sampaikan kepada pedagang yang bersangkutan agar tidak menjual lagi barang tersebut," katanya.

Tahun lalu, Disdag melakukan pengujian sampel pada 229 produk makanan yang tersebar di 29 pasar di Kota Jogja. Saat itu, masih ditemui beberapa sampel yang mengandung bahan kimia berbahaya. Misalnya saja pada produk teri asin dan kerupuk gendar.

"Kami sudah menindaklanjuti kepada pedagang. Saya minta untuk membuat surat pernyataan agar tidak menjual lagi barang-barang tersebut," imbuhnya.

Budi mengatakan, kegiatan monitoring ini masih akan terus dilakukan di 29 pasar di Kota Jogja.

"Harapannya dengan pemantauan pengawasan dan monitoring ini, pasar-pasar tradisional yang ada di Kota Jogja bebas dari bahan berbahaya," harapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Golkar Targetkan Kemenangan Pilkada 2024 di Atas 70%

News
| Sabtu, 27 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement