Advertisement

Selama Libur Lebaran, Dishub Bantul Bakal Tempatkan Petugas Jaga di Sejumlah Jalur Tengkorak

Stefani Yulindriani Ria S. R
Jum'at, 29 Maret 2024 - 17:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Selama Libur Lebaran, Dishub Bantul Bakal Tempatkan Petugas Jaga di Sejumlah Jalur Tengkorak Sejumlah pemgendara sepeda motor antre dan berhati hati saat melintas Ruas 21 Jalur Cinomati karena licin akibat adanya material longsor, Jumat (3/2/2023). Sudah ada belasan pengendara motor yang jatuh. - Dok. SAR DIY Distrik Bantul\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul akan mengerahkan beberapa petugas jaga di beberapa ruas jalan rawan kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di wilayah Bantul. Beberapa jalur rawan laka diantaranya yaitu Jalur Cinomati, Jalan Imogiri-Dlingo. 

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Bantul, Sri Harsono menyampaikan Dia menuturkan pihaknya telah memetakan beberapa jalur rawan laka seperti jalur Cinomati dan Imogiri-Dlingo. Saat ini, katanya, Dishub telah memasang rambu larangan melintas di Jalur Cinomati di simpang tiga Bawuran dan simpang empat Terong. 

Advertisement

BACA JUGA: Masuk Jalur Cepat Ring Road Utara, Mahasiswa Meninggal Dunia setelah Tabrak Bokong Truk

Dia menyampaikan petugas jaga ditempatkan di sana untuk mengantisipasi wisatawan luar DIY yang tidak memperhatikan rambu larangan melintas tersebut. Dia menyampaikan petugas akan ditempatkan di sekitar Kalurahan Mangunan dan sekitar Jalur Cinomati. 

Sementara menurut Sri, rencana bus wisata yang melintas ke arah Mangunan dialihkan ke Jl. Imogiri masih terus dibahas dengan beberapa stakeholder terkait.

"Yang Jalan Imogiri ke arah Mangunan juga belum bisa menyampaikan lebih lanjut. Kita akan koordinasi dengan Polres," katanya.

Sementara Kepala Dishub Bantul, Singgih Riyadi menyampaikan diperkirakan jumlah kendaraan yang masuk ke DIY pada lebaran kali ini sekitar 1-3 juta kendaraan. Berkaca pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, Singgih memperkirakan kendaraan yang memasuki Bantul pada momen lebaran kali ini hanya berkisar ratusan ribu. 

"Nataru kemarin [2023] kendaraan yang masuk Bantul berkisar 400-500 ribuan, enggak sampai jutaan," katanya.

Dishub Bantul pun memperkirakan arus mudik lebaran 2024 akan berlangsung pada 3-4 April 2024 dan arus balik pada 14-15 April 2024. 

Dia mengimbau agar pemudik mempersiapkan kendaraan dengan baik sebelum mudik ke daerah asal untuk menjaga keselamatan pemudik selama berkendara. Selain itu, Singgih juga mengimbau agar pemudik memahami rute dan medan yang akan dilintasi terlebih dahulu. 

"Kalau pemudik melakukan perjalanan malam hari, harus hafal medan dan rute," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Golkar Targetkan Kemenangan Pilkada 2024 di Atas 70%

News
| Sabtu, 27 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement