Advertisement

Pelunasan Haji Tahap 2 Diperpanjang, Jemaah Diminta Segera Membayar

David Kurniawan
Senin, 01 April 2024 - 13:37 WIB
Sunartono
Pelunasan Haji Tahap 2 Diperpanjang, Jemaah Diminta Segera Membayar Ibadah haji oleh jemaah haji / Foto ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Calon Jemaah haji asal Kabupaten Sleman mendapatkan kelonggaran untuk melunasi biaya perjalanan ibahdah hingga 5 April 2024. Seharusnya, pelunasan paling lambat dilakukan pada 26 Maret, namun Kementerian Agama memperpanjang waktu pembayaran.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama Sleman, Siti Noor Imamah mengatakan, tahun ini Kabupaten Sleman mendapatkan kuota haji sebanyak 1.133 jemaah. Adapun yang sudah melunasi biaya perjalanan tahap pertama sebanyak 942 orang. Adapun sisanya sebanyak 63 calon haji ikut pelunasan tahap kedua.

Advertisement

BACA JUGA : Batas Pelunasan Biaya Haji Diperpanjang, Kantor Kemenag Bantul Optimistis Kuota Terpenuhi

Pembayaran tahap kedua ini diperuntukan bagi calon yang pembayarannya gagal sistem di tahap satu sebanyak dua orang, pendamping lansia 11 orang. Selain itu ada 50 orang dari kategori penggabungan mahrom.

“Pembayaran tahap kedua sudah dibuka mulai 13-26 Maret 2024. Kendati demikian, Kementerian Agama memutuskan memperpanjang hingga 5 April,” kata Siti, Senin (1/4/2024).

Dia berharap, masa perpanjangan ini bisa dimaskimal mungkin dimanfaatkan calon Jemaah untuk segera melunasi pembayaran. Pasalnya, jika tidak melunasinya maka bisa dicoret dari kepesertaan haji di tahun ini.

Menurut dia, saat pelunasan tahap pertama seharusnya ada 1.133 jamaah yang melunasi. Namun hingga batas pembayaran ditutup hanya 942 orang yang melunasi.

“Jadi ada 191 calon jamaah yang gagal berangkat tahun ini. Slot yang kosong kemudian diisi oleh calon yang masuk pembayaran tahap dua sebanyak 63 orang. Sedangkan sisa kuota 128 jemaah akan diberikan ke calon Cadangan yang telah melunasi sehingga yang diberangkatkan tetap 1.133 jemaah,” katanya.

Disinggung mengenai calon Cadangan, Siti mengakui tidak ada masalah karena sudah ada 250an calon yang telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji. “Jadi calon Cadangan siap mengganti, bagi yang tidak bisa berangkat tahun ini,” katanya.

Kepala Kemenang Sleman, Sidik Pramono berharap proses persiapan penyelenggaran ibadah haji dapat berjalan lancar. Hal ini bertujuan agar seluruh jamaah dapat berangkat sesuai dengan jadwalnya.

BACA JUGA : Dapat Kuota Tambahan, Haji Indonesia pada 2024 Terbesar Sepanjang Sejarah

Untuk persiapan selain adanya proses pelunasan biaya ibadah, juga ada dilakukan penyiapan akomodasi selama di Tanah Suci mulai dari paspor hingga visa. Selain itu, juga ada cek Kesehatan dan vaksin, serta ada rencana dilakukan manasik haji.

“Mudah-mudahan semua diberikan kelancaran, Kesehatan dan keselamatan sehingga pelaksanaan ibadah Haji dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepada Presiden Terpilih Prabowo, Luhut Berpesan Jangan Bawa Orang Toxic ke Kabinet

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement