Advertisement

Satlantas Polres Kulonprogo Survei Sarana Prasarana Jalan

Triyo Handoko
Senin, 01 April 2024 - 22:47 WIB
Maya Herawati
Satlantas Polres Kulonprogo Survei Sarana Prasarana Jalan Suasana survei jalan menjelang arus mudik lebaran di Bumi Binangun yang diselenggarakanSatlantas Kulonprogo./ Dok Humas Polres Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dua pekan menjelang Idulfitri 2024, Satlantas Polres Kulonprogo bersama Ditlantas Polda DIY mengintensifkan pengecekan sarana dan prasarana jalan di Bumi Binangun. Upaya ini dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

Kasatlantas Polres Kulonprogo, AKP Johan Rinto Damar Jati mengatakan survei jalan dilakukan di sepanjang Jalan Daendels, jalan nasional, area perbatasan DIY-Jawa Tengah, hingga titik-titik lain seperti Jembatan Glagah dan Jembatan Bantar. Hasil survei tersebut sudah dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan (Dishub) DIY agar dilakukan penambahan rambu-rambu di sejumlah titik rawan kecelakaan.

Advertisement

AKP Johan Rinto menjelaskan pengecekan jalan di wilayahnya itu dalam rangka persiapan arus mudik Lebaran, terutama untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas. “Supaya nantinya para pengguna jalan dapat memanfaatkan fasilitas jalan dengan maksimal dan dapat sampai tujuan dengan selamat tanpa ada gangguan di perjalanan," ujarnya saat ditemui, Senin (1/4/2024).

BACA JUGA: Mudik Lebaran Lalu Lintas Jalan Wonosari Bantul Bakal Direkayasa, Ini Detailnya

Johan menjelaskan survei jalan ini juga untuk menginventarisasi kebutuhan sarana prasarana lalu lintas. "Apabila terdapat sesuatu di jalan yang perlu adanya perbaikan, maka masih ada waktu bagi pihak terkait untuk memperbaiki maupun memaksimalkan infrastruktur di jalan," katanya.

Tak hanya itu, survei jalan ini juga bertujuan untuk pengecekan lokasi yang akan digunakan untuk pembuatan pos pengamanan (pospam). "Kami tentukan Pospam nantinya akan dibangun di depan Kantor Patroli Jalan Raya [PJR]," katanya. Pospam itu nantinya bertujuan meningkatkan pelayanan kepada para pemudik yang melintasi Bumi Binangun.

Johan juga mengimbau agar para pemudik yang melintasi Bumi Binangun senantiasa berhati hati dan mematuhi aturan lalu lintas. "Selalu jaga konsentrasi saat berkendara, utamakan keselamatan bukan kecepatan. Jika lelah jangan memaksakan diri, usahakan untuk beristirahat sejenak agar konsentrasi terjaga," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengusaha Sumbangkan Rp27 Miliar untuk Timnas Indonesia

News
| Selasa, 30 April 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement