Advertisement

BPS Sediakan Pojok Statistik di UGK, Bisa Diakses Gratis untuk Warga Gunungkidul

Andreas Yuda Pramono
Senin, 29 April 2024 - 21:47 WIB
Sunartono
BPS Sediakan Pojok Statistik di UGK, Bisa Diakses Gratis untuk Warga Gunungkidul Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) DIY, Herum Fajarwati dan Sekretaris Daerah (Sekda) Gunungkidul sedang memotong pita sebagai tanda peresmian Pojok Statistik di Universitas Gunung Kidul (UGK), Senin (29/4/2024). Pojok Baca tersebut bertujuan untuk mewujudkan program satu data indonesia. Data yang terintegrasi akan menjadi landasan dalam perencanaan pembangunan. - Harian Jogja/ANdreas Yuda Pramono.

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gunungkidul dan DIY meresmikan Pojok Statistik di Kampus II Universitas Gunung Kidul (UGK), Senin (29/4/2024). Pojok Statistik tersebut dibuka untuk masyarakat umum. Dengan begitu, masyarakat dapat belajar statistik secara gratis.

Kepala BPS Gunungkidul, Joko Prayitno mengatakan instansinya akan menyediakan petugas untuk menjadi fasilitator pojok statistik tersebut baik dari internal BPS maupun dosen dan/atau mahasiswa UGK. Khusus petugas BPS, akan berjaga setiap hari Rabu.

Advertisement

BACA JUGA : Ekonomi Kulonprogo pada 2023 Tumbuh 5,65 Persen, Tiga Sektor Ini Jadi Penopang

Apabila ada masyarakat yang menginginkan suatu data dapat datang di Pojok Statistik. Mereka juga akan mendapat penjelasan detail apabila ada data yang belum dapat dipahami. Hanya, ada data yang tidak dapat BPS berikan yang menyangkut identitas individu. Hal tersebut juga telah diatur dalam Undang-undang (UU) No. 16/1997 tentang Statistik.

“Literasi data penting. Dalam kolaborasi penta helix, data menjadi salah satu unsurnya. Kalau data tidak baik maka perencanaan jadi tidak baik,” kata Joko ditemui di Kampus II UGK, Senin (19/4).

Rektor Universitas Gunung Kidul, Djuniawan Karna Djaja mengatakan pojok statistik tersebut tidak hanya menyediakan data bagi masyarakat namun juga nantinya akan ada pelatihan berkaitan dengan data. “Misal pelatihan olah statistik. Itu akan kami adakan bersama BPS secara berkala,” kata Djuniawan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gunungkidul, Setyo Hartato mengatakan pojok statistik yang merupakan wujud kolaborasi penta helix tersebut dapat mendorong program satu data Indonesia.

Data yang terintegrasi dapat menjadi landasan perencanaan pembangunan secara tepat sasaran. Dengan begitu, angka kemiskinan dapat diturunkan dan kesejahteraan masyarakat dapat diakselerasi.

BACA JUGA : Harian Jogja Terima Penghargaan Media Online Terbaik dari BPS DIY

Kepala BPS DIY, Herum Fajarwati mengatakan masyarakat dapat dengan mudah mengakses data di Pojok Statistik yang dikelompokkan dalam kategori tertentu seperti sosial dan ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cak Imin Kritisi RUU Penyiaran, Utamanya Larangan Jurnalisme Investigasi

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement