Advertisement

Lebaran Makin Dekat, Perbaikan Jalan di DIY Dikebut

Yosef Leon
Selasa, 02 April 2024 - 15:47 WIB
Maya Herawati
Lebaran Makin Dekat, Perbaikan Jalan di DIY Dikebut Ilustrasi perbaikan jalan. - Pixabay/Joshua Woroniecki

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perbaikan jalan di DIY dikebut menjelang Lebaran. Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (DPUESDM) DIY menargetkan sejumlah ruas jalan yang rusak di wilayahnya akan ditambal dan ditingkatkan sebelum memasuki mudik Lebaran. Ini dilakukan untuk memastikan kelancaran mudik selama Hari Raya Idulfitri.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPESDM DIY Kwaryantini Ampeyanti Putri mengatakan, total ada sebanyak tujuh ruas jalan yang ditingkatkan. Panjangnya beragam dan yang paling panjang adalah ruas Jalan Hargomulyo Watugajah Gunungkidul yakni 2,5 km.

Advertisement

"Untuk pekerjaan peningkatan jalan ini rencananya akan dilaksanakan di tahun ini, sekarang berproses untuk pengadaan jasa," katanya, Selasa (2/4/2024).

Selain ruas Jalan Hargomulyo Watugajah Gunungkidul ada pula rehabilitasi ruas Jalan Klangon tempel sepanjang km, kemudian rehabilitasi ruas Jalan Demakijo Kebonagung 1,5 km, ruas Jalan Imogiri Dodogan 1,275 km, ruas Sentolo Brosot 1,15 km, ruas Jalan Jogja Kaliurang 1,65 km serta ruas Jalan Prambanan Gayamharjo 400 meter.

BACA JUGA: Pemudik Perlu Waspada! Ini Jalur Rawan Kecelakaan dan Bencana di Bantul

Salah satu ruas jalan lain yang ditambal ada ruas Jalan Godean Sleman. Ini dilakukan dalam rangka anisipasi jalur libur lebaran. "Penambalan lubang di beberapa ruas jalan yang menjadi kewenangan kami memang sedang dilakukan dengan anggaran pemeliharaan rutin," jelasnya.

Ia memastikan, pekerjaan penambalan tersebut ditargetkan sebelum Lebaran sudag tertangani seluruhnya. "Namun perlu diketahui juga dengan kondisi hujan yang terus menerus juga berpotensi munculnya lubang baru," jelasnya.

Sekda DIY Beny Suharsono menyebutkan, pihaknya sudah siap menghadapi masa mudik lebaran mendatang termasuk dari sisi kesiapan infrastruktur jalan. Pihaknya memastikan ruas Jalan Godean yang beberapa waktu lalu diprotes warga akan diperbaiki secepat mungkin dan juga ruas Jalan Purworejo dan Kulonprogo.

"Kesiapan infrastruktur soal Jalan Godean segera mungkin kami perbaiki juga yang rawan longsor seperti ruas Jalan Purworejo dan Kulonprogo," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepada Presiden Terpilih Prabowo, Luhut Berpesan Jangan Bawa Orang Toxic ke Kabinet

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement