Advertisement

Layanan Administrasi Kependudukan di Sleman Dibuka Secara Online saat Libur Lebaran

David Kurniawan
Senin, 08 April 2024 - 15:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Layanan Administrasi Kependudukan di Sleman Dibuka Secara Online saat Libur Lebaran Warga sedang antre mengurus dokumen kependudukan di Kantor Disdukcapil Sleman, Rabu (18/3/2020). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sleman memberlakukan pelayanan online selama libur Lebaran. Hal ini dilakukan untuk memastikan Masyarakat tetap bisa mengakses layanan kependudukan.

Kepala Disdukcapil Sleman, Susmiarta mengatakan, tidak ada layanan tatap muka pada saat libur Lebaran. Layanan tatap muka dilaksanakan terakhir pada Sabtu (6/4/2024).

Advertisement

“Untuk Lebaran, petugas yang mengurusi juga libur sehingga tidak ada layanan tatap muka,” kata Susmiarta, Senin (8/4/2024).

BACA JUGA: Libur Lebaran, Okupansi Hostel di Pusat Kota Jogja Meningkat Pesat Capai 90%

Meski demikian, ia meminta kepada masyarakaat tidak perlu kahawatir. Pasalnya, layanan administrasi kependudukan tetap dibuka secara online.

“Untuk permohonan bisa diakses melalui dukcapilonline.slemankab.go.id,” ungkapnya.

Rencananya, permohonan administrasi kependudukan yang masuk diproses setelah masa liburan berakhir. “Jadi memang butuh proses dan nanti permohonan yang masuk akan dilayani semua sampai tuntas,” katanya.

Disinggung mengenai pelayanan di hari terakhir sebelum libur, Susmiarta mengakui ada 210 permohonan dari Masyarakat. Jeni layanan paling banyak yang diakses untuk percetakan KTP Elektronik sebanyak 48 permohonan, legalisir kependudukan 45 pemohon. Disusul pelayanan kartu keluarga sebanyak 36 pemohon, Kartu Identitas Digital sebanyak 33 pelayanan.

“Sisanya ada permohonan Kartu Identitas Anak, akta kelahiran, akta kematian dan layanan administrasi kependukukan lainnya,” kata Susmiarta.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan, sudah meminta kepada seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berfungsi pelayanan dasar atau kritikal kepada Masyarakat sepert Kesehatan, pemenuhan kebutuhan pokok, penanganan bencana, kebakaran dan lainnya tetap siaga. “Untuk jadwalnya bisa diatur sesuai dengan ketentuan di masing-masing OPD dan yang terpenting tetap bisa melayani meski ada libur dan cuti bersama Lebaran,” katanya.

BACA JUGA: Tol Jogja Solo Dibuka Fungsional, Exit Tol Ngawen Jadi Favorit Pemudik Dibandingkan Exit Tol Ceper

Kustini berharap perayaan Idulfitri di Kabupaten Sleman dapat berjalan dengan aman dan lancar. Sebelum pelaksanaan, sudah ada koordinasi lintas sektor untuk memastikan libur ini berjalan dengan kondusif.

“Jadi tidak hanya melibatkan unsur di OPD, tapi juga ada kepolisian, TNI dan lainnya sehingga perayaan yang aman dan lancar bisa diwujudkan,” katanya.

Ia mencontohkan, untuk kepastian arus lalu lintas tetap lancar, tidak bisa ditangani oleh pemkab dikarenakan membutuhkan bantuan dari kepolisian. “Untuk jalan dipastikan aman karena 80% jalan kabupaten di Sleman kondisinya baik,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ruang Naik ke Level Awas, Masyarakat Diimbau Evakuasi

News
| Selasa, 30 April 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement