Advertisement

Libur Lebaran, Wisatawan Memadati Kawasan Malioboro Jogja

Yosef Leon
Jum'at, 12 April 2024 - 14:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Libur Lebaran, Wisatawan Memadati Kawasan Malioboro Jogja Suasana kawasan Malioboro pada masa libur lebaran, Jumat (12/4/2024). Harian Jogja - Yosef Leon Pinsker

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kawasan jantung Kota Jogja Malioboro masih menjadi area favorit yang dikunjungi wisatawan pada masa libur lebaran 2024. Peningkatan kunjungan ke pusat perekonomian Kota Jogja itu sudah mulai terjadi sejak hari kedua lebaran.  

Pantauan pada Jumat (12/4/2024) kepadatan lalu lintas dan wisatawan terjadi cukup padat di Malioboro. Sejak di area jembatan Kleringan, antrean kendaraan roda empat berplat luar kota sudah mengular sampai ke depan Plaza Malioboro. 

Advertisement

Sementara wisatawan banyak yang memanfaatkan waktu dengan berbelanja di area pertokoan dan juga pusat perbelanjaan lainnya seperti Teras Malioboro dan juga Pasar Beringharjo. Selain itu banyak juga yang menikmati waktu di sekitar pedestrian Malioboro. 

Salah satu wisatawan asal Cikarang, Jawa Barat, Deo Darwin mengatakan kunjungannya ke Jogja merupakan yang pertama kalinya pada masa libur lebaran ini. Selain mengunjungi kawasan pantai selatan Jogja, dirinya pun menyempatkan menyambangi Malioboro sebagai ikon Kota Jogja itu. 

"Liburannya empat hari di sini, sudah sampai sejak H-1 lebaran. Saya cuma berkunjung ke beberapa destinasi saja yang ikonik," katanya. 

Baca Juga

Malioboro Jogja Tetap Jadi Destinasi Wisata Favorit Bagi Wisatawan

Malioboro Berubah Drastis 2 Tahun Lagi, Begini Gambarannya

Duh! Masih Banyak yang Merokok Sembarangan di Kawasan Malioboro

Deo mengatakan di Malioboro dirinya hanya berbelanja beberapa oleh-oleh kuliner khas dan juga batik di Pasar Beringharjo. Ketertarikannya berwisata ke Malioboro lantaran cukup lengkap dan merasa penasaran dengan suasananya. 

"Kalau ke Jogja belum ke Malioboro rasanya kurang lengkap, meskipun hanya beli beberapa oleh-oleh saja sambil duduk di pedestrian dan foto-foto," ujarnya. 

Kepala UPT Pengelola Kawasan Cagar Budaya Malioboro Ekwanto menjelaskan seperti masa liburan pada umumnya Malioboro selalu ramai dan menjadi pilihan wisatawan untuk berlibur. Pihaknya memprediksi kunjungan puncak ke kawasan itu terjadi pada akhir pekan nanti. 

"Kami sudah siapkan baik itu petugas keamanan dan juga layanan informasi wisatawan," katanya. 

Berdasarkan catatan pihaknya pada lebaran hari pertama atau Rabu (10/4/2024) kemarin sebanyak 4.260 orang berkunjung ke Malioboro, kemudian pada hari kedua lebaran atau Kamis (11/4/2024) lalu kunjungan meningkat signifikan mencapai 18.776 orang. 

"Untuk hari ini dan puncaknya pada akhir pekan nanti kami perkirakan jumlah kunjungan lebih tinggi lagi. Kami mengimbau wisatawan agar tertib selama berwisata dan menjaga barang bawaan masing-masing," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement