Advertisement

Mulai Hari Ini Tol Joglo untuk Arus Balik, Begini Rute Satu Arahnya

Catur Dwi Janati
Jum'at, 12 April 2024 - 18:17 WIB
Sugeng Pranyoto
Mulai Hari Ini Tol Joglo untuk Arus Balik, Begini Rute Satu Arahnya Pengemudi melintasi Tol Jogja Solo yang dibuka fungsional di Sawit, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/4/2023). - Antara/Aloysius Jarot Nugroho

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Jalur fungsional Tol Jogja-Solo (Joglo) kini mulai diset untuk arus balik setelah dibuka selama sepekan untuk arus mudik sejak 5-11 April 2024. Arus kendaraan yang sebelumnya diterapkan satu arah dari Gerbang Tol (GT) Colomadu/Banyudono ke arah barat sampai Exit Toll Ngawen, saat ini mulai diberlakukan terbalik, satu arah dari GT Ngawen ke arah GT Colomadu/Banyudono. 

"Pada periode arus balik ini, jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo akan beroperasi satu arah dari akses Ngawen, Klaten atau GT Karanganom menuju GT Banyudono untuk tujuan Boyolali dan Kartasura serta GT Colomadu untuk tujuan Jalan Tol Trans Jawa," kata Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), Rudy Hardiansyah pada Jumat (12/4/2024).

Advertisement

Pada momen Lebaran tahun ini, PT JMJ mengoperasikan jalur fungsional Tol Jogja-Solo sepanjang 22 kilometer. Ruasnya jauh lebih panjang ketimbang saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang baru dibuka sejauh 13 kilometer. Untuk mendukung arus balik, jalur fungsional Tol Jogja-Solo akan dibuka searah dari arah Ngawen sampai dengan Colomadu pada 12-15 April 2024 mulai pukul 06.00-17.00 WIB.

BACA JUGA: Kendaraan Mengular di Perbatasan DIY Jateng, Polda Lakukan Flashing

Khusus GT Colomadu jalur ini bakal menjadi opsi utama bagi para pemudik yang ingin menyambung perjalanan ke arah Jalan Tol Trans Jawa, seperti jalan Tol Solo-Semarang ke arah barat atau Tol Solo-Ngawi bagi pemudik yang ingin bertolak dengan tujuan Jawa Timur. "Sama dengan periode mudik, untuk pengguna jalan dari Jalan Raya Solo-Semarang yang menuju jalan Tol Trans Jawa juga dialihkan masuk melalui GT Banyudono untuk meneruskan perjalanan melalui GT Colomadu," kata Rudy.

Nantinya pasca diberlakukan fungsional, akses masuk ke jalan Tol Trans Jawa akan dikembalikan seperti semua via GT Colomadu tanpa harus melewati GT Banyudono. "Di luar tanggal dan jam pemberlakuan jalur fungsional yang telah ditentukan, arus lalu lintas menuju dan keluar GT Colomadu kembali normal menggunakan akses eksisting," ujarnya.

Diharapkan dengan pengoperasian jalur yang lebih panjang, masyarakat memiliki opsi jalur alternatif untuk menghindari kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi di Tugu Kartasura Delanggu dan Jalan Raya Solo-Jogja. Perjalanan via jalur fungsional Tol Jogja-Solo akan memangkas waktu tempuh Klaten menuju Colomadu hanya 25 menit tanpa melewati 15 titik lampu Alat Pemberi isyarat Lalu Lintas (APILL) di Jalan Raya Solo-Jogja.

Di sisi lain, selama tujuh hari dibuka untuk arus mudik, lalu lintas kendaraan di jalur fungsional jalan Tol Jogja-Solo disebut lancar, aman dan terkendali. Melihat antusiasme masyarakat pada arus mudik, PT JMJ optimis jalur ini juga mampu mendukung arus balik lalu lintas para pemudik maupun wistawan yang ingin kembali ke perantauan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mesin Pesawat Garuda Pengangkut Jemaah Haji Terbakar, Begini Reaksi Kemenag

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement