Advertisement

Nasabah Bank Sampah Pelangi Cairkan Tabungan Sampah Jutaan Rupiah

Alfi Annisa Karin
Senin, 15 April 2024 - 09:27 WIB
Ujang Hasanudin
Nasabah Bank Sampah Pelangi Cairkan Tabungan Sampah Jutaan Rupiah Pembagian tabungan sampah dan apresiasi kepada nasabah berupa satu botol minyak goreng yang dilakukan oleh Bank Sampah Pelangi RW 07 Notoprajan / Dokumentasi Kelurahan Notoprajan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Bank Sampah Pelangi milik warga RW 07 Kelurahan Notoprajan, Kemantren Ngampilan membagikan tabungan bank sampah kepada para nasabahnya beberapa waktu lalu.

Operasional Bank Sampah Pelangi berjalan layaknya bank pada umumnya. Sampah yang dibawa warga akan ditimbang. Lalu akan dikumpulkan dan diakumulasikan dalam bentuk rupiah. Jika sudah terkumpul, warga diperbolehkan untuk mencairkan tabungannya. Tabungan sampah dibagikan dalam bentuk uang tunai kepada nasabah Bank Sampah Pelangi.

Advertisement

Direktur Bank Sampah Pelangi, Untari menyebut total uang tabungan yang dibagikan sebesar Rp 5,8 juta. Dia menuturkan tak semua nasabah mencairkan tabungannya.

"Dibagikan kepada 50 nasabah dari total 98 nasabah karena tidak semua mengambil tabungan sampahnya dan tetap ditabung," ujar Untari.

BACA JUGA: Kunjungi Bank Sampah Pelangi 07, Komunitas Jogja Obah: Pengelolaan Sampah Harus Berbasis Gerakan

Dia menambahkan, tabungan terbanyak milik salah satu warga mencapai Rp 668 ribu. Selain melakukan pencairan tabungan, Bank Sampah Pelangi juga memberikan apresiasi. Ditujukan bagi nasabah yang telah menabung sampah selama minimal satu tahun lamanya.

"Diberi apresiasi sebagai tanda terima kasih pengurus kepada para nasabahnya," imbuhnya.

Apresiasi yang diberikan berupa satu botol minyak goreng. Melalui apresiasi ini, dia berharap ke depan para nasabah dapat konsisten dalam menabung. Upaya ini juga menjadi salah satu dukungan kepada Pemkot Jogja untuk menekan produksi sampah.

"Semoga untuk yang akan datang, para nasabah akan lebih giat lagi dalam menabung sampah. Mari bersama- sama, ubah sampah jadi berkah bukan masalah," ajaknya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

3 Jenazah Pesawat Jatuh BSD Tiba di RS Polri, Posko Ante mortem dan Post Mortem Dibuka

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement