Advertisement

Selama Libur Lebaran 2024, 750 Ribu Kendaraan Keluar Masuk Kabupaten Bantul

Jumali
Selasa, 16 April 2024 - 13:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Selama Libur Lebaran 2024, 750 Ribu Kendaraan Keluar Masuk Kabupaten Bantul Panggung Krapyak di wilayah Kelurahan Panggungharjo, Sewon, Kabupaten Bantul. ist - Antara\\r\\n\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul menyebut selama libur Lebaran 2024 ada sebanyak 750.000 kendaraan keluar dan masuk wilayah Kabupaten Bantul.

Adapun kendaraan yang keluar dan masuk wilayah Bantul tersebut paling banyak berasal dari Jakarta dan Jawa Barat.

Advertisement

Kepala Dishub Kabupaten Bantul Singgih Riyadi mengungkapkan, awalnya pihaknya memprediksi ada sebanyak 3,5 juta orang akan masuk Bumi Projotamansari selama libur Lebaran 2024. Akan tetapi dalam realisasinya, prediksi tersebut meleset.

Oleh karena itu, Singgih menilai arus lalu lintas di Kabupaten Bantul baik di jalan umum maupun menuju tempat wisata, tidak terlalu padat.

“Ternyata hanya ada sekitar 750.000 kendaraan yang masuk dan keluar dari Kabupaten Bantul. Kebanyakan memang kendaraan nomor kendaraan Jakarta dan Jawa Barat,” kata Singgih, Selasa (16/4/2024).

BACA JUGA: BPBD DIY Catat Sejumlah Kejadian Selama Libur Lebaran, Berikut Daftarnya

Selain itu, Singgih menilai kelancaran arus lalu lintas saat pelaksanaan takbir keliling juga tidak lepas dari skenario penyekatan yang dilakukan oleh Polres Bantul. Alhasil, kemacetan lalu lintas tidak terjadi saat pelaksanaan takbir keliling.

Sementara untuk arus lalu lintas menuju lokasi wisata, Singgih mengakui, sempat ada kemacetan lalulintas, utamanya di Jalan Parangtritis, pada Jumat (12/4/2024). Oleh karena itu Dishub melakukan rekayasa lalu lintas dengan memberlakukan satu arah untuk kendaraan yang masuk ke TPR Induk Parangtritis. “Pulangnya arus kami alihkan lewat JJLS," papar Singgih.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, mengatakan, secara umum arus lalu lintas di Kabupaten Bantul pada libur Lebaran 2024 berjalan lancar. Padahal, diawal Pemkab Bantul memprediksi orang yang masuk Bantul pada libur Lebaran cukup tinggi.

“Jadi, kita mempunyai proyeksi lebih tinggi.

Perkara (jumlah kendaraan yang keluar masuk Bumi Projotamansari) kurang dari proyeksi ya tidak masalah," ucap Halim.

BACA JUGA: Tiga Kader PKS Masuk Bursa Pilkada Bantul, Berikut Nama-namanya

Sementara Kapolres Bantul AKBP Michael R. Risakotta mengatakan, berdasarkan hasil Operasi Ketupat Progo 2024 yang digelar 4-16 April 2024, ada penurunan angka kecelakaan lalu lintas pada libur Lebaran 2024 dibandingkan saat libur Lebaran 2023.

“Pada 2023 ada 81 kejadian kecelakaan lalu lintas, tahun ini ada 66 kejadian kecelakaan lalu lintas. Adapun korban meninggal dunia pada 2023 ada 10 orang, sedangkan tahun ini ada 1 orang meninggal dunia. Begitu juga dengan jumlah korban luka-luka ada penurunan,” kata Kapolres.

Terkait dengan arus lalu lintas di tenpat wisata, Kapolres menyatakan dari H+1 Lebaran sampai H+5 Lebaran ada peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

Berdasatkan data di Polres Bantul pada  H+4 dan H+5 Lebaran 2024 peningkatan mencapai 192 persen dan 123 persen untuk tempat wisata Pantai Parangtritis.

Sedangkan di hutan Pinus Mangunan, peningkatan pada H+4 dan H+5 mencapai 90 sampai 104 persen dibandingkan tahun sebelumnya. “Untuk sore kemarin dan hari ini sudah normal kembali,” ucap Kapolres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement