Advertisement

Menata Kawasan, Pemkab Gunungkidul Ingin Menumbuhkan Investasi Pariwisata

Newswire
Selasa, 16 April 2024 - 17:37 WIB
Maya Herawati
Menata Kawasan, Pemkab Gunungkidul Ingin Menumbuhkan Investasi Pariwisata Foto ilustrasi. Jungwok Blue Ocean, beach club pertama di Kabupaten Gunungkidul. / Instagram jungwokblueocean

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemkab Gunungkidul ingin memburu investor di sektor pariwisata. Caranya dengan mulai menata kawasan wisata agar bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Bumi Handayani.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta di Gunungkidul, mengatakan saat ini Pemkab Gunungkidul menata dan mengembangkan kawasan wisata di sepanjang kawasan pantai maupun non-pantai. "Membangun kawasan wisata tidak mudah, butuh proses," kata Sunaryanta, Selasa (16/4/2024).

Advertisement

Untuk itu, kata dia, Pemkab Gunungkidul mendorong peningkatan investasi pariwisata, sehingga bisa menarik wisatawan, dengan harapan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. "Investasi sektor pariwisata dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, serta membuka ekonomi masyarakat," katanya.

Sedangkan  Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata Gunungkidul Supriyanta mengatakan sejak tahun lalu kawasan barat seperti kawasan Pantai Gesing, Ngluluran yang terdapat wisata Teras Kaca dan Heha Sea View menjadi favorit baru kunjungan wisatawan.

BACA JUGA: Penemuan Jenazah di Dam Sungai Opak, Polres Bantul Selidiki Identitas

Pada 2023 kunjungan saat libur Lebaran melebihi kawasan tengah seperti Pantai Baron, dan sekitarnya. Tahun ini, kawasan barat TPR Giricahyo terdapat kawasan Bukit Paralayang, dan Obelix yang menjadi salah satu favorit.

"Kawasan barat menjadi salah satu destinasi favorit baru karena ada Bukit Paralayang dan daya tarik wisata baru yakni Obelix," kata Supriyanta.

Selain itu, kawasan pesisir selatan wilayah barat yang dekat dengan lokasi wisata pantai di Bantul dan Bandara YIA membuat mudah diakses wisatawan. Kawasan barat seperti Heha, Bukit Paralayang, dan Obelix memiliki karakter pemandangan alam di mana wisatawan dapat menyaksikan laut dari atas bukit, dan wisata buatan.

"Kawasan pantai wilayah barat, pengunjungnya sebagian besar jika dilihat dari plat nomor kendaraan dari wilayah tengah (Jawa Tengah) ke barat. Saat ini, sebaran wisatawan di Gunungkidul merata dari timur sampai barat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement