Advertisement

Jumlah Wisatawan Turun 30 Ribu, Pantai Glagah Kulonprogo Sumbang Kunjungan Tertinggi

Triyo Handoko
Senin, 22 April 2024 - 14:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Jumlah Wisatawan Turun 30 Ribu, Pantai Glagah Kulonprogo Sumbang Kunjungan Tertinggi Suasana kermaian Pantai Glagah Kulonprogo pada libur Natal 2024. Pantai ini dikunjungi wisatawan yang kebanyakan adalah rombongan keluarga, Minggu (25/12/2023). - Harian Jogja - Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Pariwisata (Dispar) Kulonprogo mencatat terjadi penurunan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bumi Binangun selama libur lebaran 2024. Jika tahun lalu tercatat sebanyak 150.000 maka pada tahun ini jumlahnya turun 30.000 menjadi 120.000 orang.

Kepala Bidang Pemasaran Dispar Kulonprogo, Saryanto menyebut dari 130.000 wisatawan yang berkunjung selama libur Lebaran itu sebagian besar terkonsentrasi di sisi selatan. "Pantai masih jadi objek wisata favorite wisatawan selama libur Lebaran kemarin," ujarnya, Senin (22/4/2024).

BACA JUGA: Pemkab Kulonprogo Alokasikan Rp595 Juta untuk Bangun Sumur Bor di 2 Kalurahan

Saryanto menerangkan Pantai Glagah jadi tempat yang paling banyak dikunjungi pada Lebaran kemarin. "Yang paling banyak menyumbang jumlah wisatawan adalah Pantai Glagah, total sekitar 60 ribu wisatawan yang mengunjungi pantai itu selama Lebaran kemarin," katanya.

Selain Pantai Glagah, jelas Saryanto, pantai lain yang ramai wisatawan adalah Pantai Congot dan Pantai Mlarangan Asri. "Wisatawan banyak ke pantai dan daerah lain di selatan selama libur Lebaran karena kemungkinan akses yang mudah, terutama karena Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang sudah ada," ungkapnya.

Sementara kunjungan di sisi utara Bumi Binangun, menurut Saryanto, lebih sedikit dibanding pantai lantaran aksesnya yang terbatas. Objek wisata di sisi utara itu antara lain Waduk Sermo Kedung Pedut, Kebun Teh Nglinggo, Goa Kiskendo, hingga Suroloyo yang terletak di kawasan perbukitan Menoreh.

Dinpar Kulonprogo memang tengah fokus mengembangkan objek wisata di sisi selatan, lanjut Saryanto, dengan berbagai perbaikan. "Target peningkatan kunjungan wisatawan memang kami masih fokus di wilayah selatan, di kawasan pantai. Pembenahan-pembenahan secara umum memang kami masih fokus di sisi selatan dulu," ungkapnya.

Meskipun fokus pengembangan pariwisata di selatan Bumi Binangun, sambung Suryanto, Dinpar juga terus melakukan pengembangan di sisi utara. Pengembangan itu seperti pembangunan wisata paralayang di Kapanewon Kalibawang.

"Ada juga wisata arum jeram di sisi utara yang terus kami kembangkan. Tapi memang tidak semasif di selatan, setelah selatan rampung akan kami fokuskan ke utara," pungkasnya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement