Advertisement

Calon Wisudawan Program Pascasarjana, Spesialis dan Subspesialis UGM Diharap Punya Skill Ini Ketika Lulus

Catur Dwi Janati
Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Calon Wisudawan Program Pascasarjana, Spesialis dan Subspesialis UGM Diharap Punya Skill Ini Ketika Lulus Suasana pembekalan calon wisudawan Program Pascasarjana, Spesialis dan Subspesialis UGM Periode April Tahun Akademik 2023/2024 di Grha SabhaPramana. - Harian Jogja // Catur Dwi Janati 

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Ribuan calon wisudawan Program Pascasarjana, Spesialis dan Subspesialis UGM Periode April Tahun Akademik 2023/2024 menjalani pembekalan sebelum di wisuda.

Pembekalan ini merupakan sinergi antara UGM dan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA). Dalam agenda ini, diadakan sesi berbagi pengalaman dari alumni UGM yang kali ini disampaikan oleh Direktur Pemasaran dan Penjualan Bisnis Indonesia Group, Hery Trianto yang merupakan alumnus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM.

Advertisement

Diungkapkan Hery, berdasarkan pengalamannya selama puluhan tahun di dunia industri, kompetensi menjadi hal utama yang harus dimiliki oleh seseorang. Akan tetapi, kompetensi ini tidak akan ada artinya di dunia kerja bila tidak dibarengi dengan beberapa hal.

"Hal pertama adalah jejaring. Jejaring ini penting ketika wisudawan mendapatkan kartu alumni itu sudah menjadi bekal untuk berjejaring secara cepat dan mudah," ungkapnya pada Selasa (23/4/2024) di Grha Sabha Pramana UGM.

Baca Juga

Wisuda Ratusan Mahasiswa, ITNY Terus Tingkatkan Prestasi

786 Mahasiswa USD Diwisuda, Lulusan Siap Berlaga Menghadapi Tantangan Zaman

Universitas Widya Mataram, Cetak Lulusan Berwawasan Unggul dan Berbudaya Adiluhung

Jejaring yang dibangun ini lanjut Hery diibaratkan dapat membuka pandora dari semua potensi yang dimiliki wisudawan untuk berkolaborasi. Termasuk mendapatkan kesempatan-kesempatan yang tidak didapatkan oleh alumni lain yang tidak berkuliah di UGM.

Hal kedua yang dibutuhkan para wisudawan untuk berjuang di dunia kerja menurut Hery adalah kemampuan inter personal. Menurutnya banyak orang pintar yang memiliki kesulitan ketika berhadapan dengan orang lain karena tidak bisa mengartikulasikan idenya dalam cara komunikasi yang benar. "Ini soft skill yang memang harus kita pelajari di luar kelas-kelas kita. Kita harus asah dengan mengikuti berbagai kegiatan, kenal begitu banyak orang," ujarnya.

Selain itu wisudawan juga harus memiliki daya juang. Bahkan Hery menggungkapkan jika di tengah dunia yang semakin bervariasi ini, orang harus menunjukkan persistensinya dalam menyampaikan ide, pendapat dan inovasi.

"Daya juang itu menjadi penting. Daya juang itu tidak hanya ditunjukkan saat kita bekerja saja," ungkapnya.

Wakil Rektor UGM Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Alumni, Arie Sujito yang membuka pembekalan calon wisudawan menilai perjuangan yang begitu panjang sebagai mahasiswa pascasarjana akan menjadi pembelajaran. UGM kata Arie telah berusaha memfasilitasi agar penyelenggaraan pengetahuan yang di dalamnya tidak hanya belajar di dalam kelas tetapi juga di luar kelas.

"Kami berharap juga agar para alumni terus bersinergi dengan UGM, KAGAMA dengan sebaran jumlah alumni yang begitu besar tersebar di berbagai wilayah Indonesia, reputasi yang selama ini dibangun tentu sangat dipengaruhi para anggotanya," lanjutnya.

Terakhir Arie berharap kontribusi alumni di masyarakat sesuai bidang keahliannya. "Selamat, semoga sukses selalu bapak ibu para wisudawan," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement