Advertisement

Ini Ruas Beserta Estimasi Biaya Perbaikan yang Diusulkan Melalui Program Jalan Inpres Daerah di Gunungkidul

David Kurniawan
Minggu, 28 April 2024 - 14:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Ini Ruas Beserta Estimasi Biaya Perbaikan yang Diusulkan Melalui Program Jalan Inpres Daerah di Gunungkidul Lalu lintas di ruas jalan utama Gunungkidul. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul telah mengajukan bantuan program jalan inpres daerah senilai Rp139,46 miliar. 

Kepala Bidang Bina Marga, DPUPRKP Gunungkidul, Wadiyana mengatakan, usulan program inpres jalan daerah sudah diajukan. Total ada enam ruas dengan Panjang sekitar 26,5 kilometer yang diusulkan untuk diperbaiki melalui dana inpres.

Advertisement

Ruas ini meliputi pelebaran jalan ruas pertigaan Kulwo-Karanganom di Kapanewon Karangmojo. Adapun panjanganya sekitar 4,7 kilometer dengan estimasi biaya Rp22,72 miliar.

BACA JUGA: Dapat Bantuan Dana Rp14 Miliar, Ini Ruas Jalan yang Akan Diperbaiki Pemkab Gunungkidul

Selanjutnya ada perbaikan dan pelebaran ruas Umbulharjo-Genjahan di Kapanewon Ponjong. Ruas yang akan dikerjakan sepanjang 6,3 kilometer dengan biaya sekitar Rp26,95 miliar.

Ruas ketiga ada jalan Playen-Plembutan di Kapanewon Playen sepanjang 4,85 kilometer. Biaya perbaikan ruas ini diperkikan mencapai Rp21,32 miliar.

Berikutnya ada pembangunan jalan baru di jalur wisata Kepek-Ngobaran sepanjang satu kilometer. Usulan yang diajukan mencapai Rp22,09 miliar.

Jalan yang akan diperbaiki melalui dana inpres jalan daerah selanjutnya adalah pelebaran ruas Kelor-Srimpi di Kapanewon Karangmojo sepanjang 4,5 kilometer. Total estimasi biaya yang diperlukan rp19,25 miliar.

Adapun ruas terakhir yang diusulkan merupakan perbaikan dan pelebaran jalan wisata dari Kalurahan Gading, Playen menuju ke Kawasan wisata Gua Pindul di Kalurahan Bejiharjo, Karangmojo. Diperkirakan biaya untuk penangan jalan sepanjang 5,185 kilometer ini sebesar Rp22,09 miliar.

“Sekarang masih proses di Kementerian dan menunggu apakah usulan ini dapat disetujui atau tidak. Tapi, harapannya bisa karena sebagai upaya mendukung agar jalan menuju lokasi wisata bisa bagus dan representatif,” katanya.

BACA JUGA: Jalan Rusak di Sleman Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Spanduk Obyek Wisata Jeglongan Sewu

Anggota DPRD Gunungkidul dari Fraksi Gerindra, Maryanta mengatakan, banyak jalan di Gunungkidul yang rusak. Ini menjadi pekerjaan pemkab yang harus diselesaikan.

Meski demikian, ia mengakui kemampuan anggaran yang dimiliki masih terbatas sehingga ada upaya meminta bantuan ke Pemerintah Pusat maupun Pemerintah DIY.

"Tidak mungkin kalau dikerjakan sendirian. Tapi, harapannya untuk pelaksanaan perbaikan bisa dilakukan secara selektif. Contohnya untuk jalur wisata bisa jadi prioritas, apalagi pemkab sudah menaikan retribusi masuk ke wisata sehingga harus ada imbal yang baik,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

13 Bandara Layani Angkutan Haji 2024, Begini Kesiapannya

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 04:47 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement