Advertisement

Sekda Sleman Definitif Tak Kunjung Dilantik, Ternyata Ini Penyebabnya

David Kurniawan
Senin, 29 April 2024 - 16:57 WIB
Sunartono
Sekda Sleman Definitif Tak Kunjung Dilantik, Ternyata Ini Penyebabnya ILustrasi lelang jabatan - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Panitia Seleksi telah menyelesaikan tahapan seleksi calon Sekda Sleman sejak akhir Februari 2024 lalu. Meksi demikian, hingga sekarang belum ada tanda-tanda sekda definitif akan dilantik.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sleman, Budi Pramono mengatakan, tahapan seleksi calon sekda baru sudah selesai dilakukan. Berdasarkan hasil seleksi ada tiga kandidat, yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Eka Suryo Prihantoro; Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Agung Armawanta dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Susmiarto.

Advertisement

BACA JUGA : Masa Jabatan Pj Sekda Habis, Ini Langkah Pemkab Sleman

Ia tidak menampik dari ketiga calon ini juga sudah mengerucut kepada Kepala Disdukcapil Susmiarto. Meski demikian, Pramono mengakui ada tahapan yang harus dilalui untuk bisa dilantik menjadi Sekda baru.

Menurut dia, jabatan Kepala Disdukcapil tidak hanya menjadi pejabat di lingkup pemkab, tapi juga menjadi perwakilan Dirjen Dukcapil di daerah. Oleh karenanya, untuk dilantik di jabatan baru, harus diberhentikan terlebih dahulu oleh Kementerian Dalam Negeri.

“Harus diberhentikan dahulu dan suratnya sudah turun satu minggu lalu,” katanya, Senin (29/4/2024).

Pramono mengakui pascaturunnya surat pemberhentian sebagai Kepala Disdukcapil, tak serta merta langsung bisa dilantik. Pasalnya, saat ini di Kabupaten Sleman juga berlangsung tahapan pilkada sehingga pelantikan harus mendapatkan izin dari Dirjen Otonomi Daerah, Kemendagri.

“Jadi harus mengurus izin dua kali sehingga membutuhkan waktu. Untuk pelantikan sudah kami ajukan dan mudah-mudahan dalam waktu dekat rekomendasinya turun dan pelantikan sekda baru bisa dilakukan,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Sleman antusias dengan seleksi calon Sekda Sleman yang baru. Seleksi dilakukan karena Sekda Harda Kiswaya pensiun mulai 1 Februari 2024.

BACA JUGA : Pensiun dari Jabatan Sekda, Harda Kiswaya Siap Maju Jadi Calon Bupati

Berdasarkan informasi yang diterima, total ada 11 pendaftar yang ingin menjadi Sekda Sleman berikutnya. Adapun rinciannya, sepuluh pelamar berasal dari lingkup Pemkab Sleman dan satu pelamar berasal dari luar daerah, yaitu Kepala Perwakilan BPK Maluku.

“Untuk sementara, kekosongan jabatan Sekda akan diisi oleh PJ Sekda hingga pelantikan sekda definitive dilakukan,” kata Kustini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Soal Kaesang Mau Ikut Pilkada, Grace Natalie: Sudah Cukup Umur Maju Bupati atau Walikota

News
| Rabu, 15 Mei 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement