Advertisement

Masa Jabatan Pj Sekda Habis, Ini Langkah Pemkab Sleman

David Kurniawan
Senin, 29 April 2024 - 14:27 WIB
Sunartono
Masa Jabatan Pj Sekda Habis, Ini Langkah Pemkab Sleman Lelang jabatan / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Masa jabatan Penjabat Sekda Sleman, Eka Suryo Prihartono selama tiga bulan akan habis Selasa (30/4/2024). Meski demikian, hingga saat ini belum ada tanda-tanda Sekda definitif hasil seleksi terbuka akan segera dilantik.

Guna mengantisipasi kekosongan jabatan, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sleman telah mengusulkan Pj Sekda baru ke Pemerintah DIY. “Jabatan Pj Sekda hanya tiga bulan dan untuk yang menjabat sekarang sudah mau habis besok [Selasa 30/4/2024],” kata Kepala BKPP Sleman, Budi Pramono kepada wartawan, Senin (29/4/2024).

Advertisement

BACA JUGA : Mantan Sekda Sleman hingga Pengusaha Soto Ambil Formulir Penjaringan Calon Kepala Daerah di Partai Golkar

Menurut dia, kewenangan menetapkan Pj Sekda berada di tangan Gubernur DIY Sri Sultan HB X. Pramono mengakui sudah berkonsultasi dengan Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dan juga sudah mengusulkan Pj Sekda yang baru ke Gubernur DIY.

“Mudah-mudahan sebelum masa jabatan Pj Sekda habis, sudah ada rekomendasi baru. Surat sudah kami serahkan dan informasinya sudah di tangan Sekda DIY,” ungkapnya.

Ia mengakui hingga sekarang Sekda definitif hasil seleksi terbuka belum bisa dilantik. Dia berdalih, pelantikan harus mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri.

“Prosesnya harus ditaati agar tidak menimbulkan masalah. Jadi, selama belum ada sekda definitif, maka kekosngan sementara diisi oleh PJ yang dilantik bupati melalui rekomendasi gubernur,” katanya.

Disinggung mengenai penunjukan Pj Sekda yang baru, Pramono menyerahkan sepenuhnya ke Gubernur DIY, Sri Sultan HB X. “Kewenangan ada di Gubernur jadi ditunggu saja siapa yang ditunjuk,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, pada Kamis (1/2/2024), Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo melantik Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Eka Suryo Prihartono sebagai PJ Sekda Sleman karena Sekda Sleman Harda Kiswaya pensiun pada 31 Januari 2024. Penunjukan sudah melalui persertujuan melalui rekomendasi yang dikeluarkan oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X.

BACA JUGA : Usung Mantan Sekda, Golkar Sleman Tetap Buka Penjaringan Calon Lain

Meski hanya bertugas sementara, namun Pj Sekda diharapkan dapat menjalankan tugasnya dengan penuh amanah, berintegritas dan tanggung jawab. Kustnini meminta kepada Pj Sekda membantu bupati dan wakil bupati guna mewujudkan visi misi yang dimiliki.

“Penguatan internal harus dilakukan dengan menjalin kerja sama yang baik dan terus berkoordinasi dengan OPD maupun dengan para asisten,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mahkamah Pidana Internasional Diminta Tegas Bertindak Terhadap Israel

News
| Rabu, 15 Mei 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement