Advertisement

Kepala BKKBN: Remaja Butuh Sex Education, Bukan Tentang Hubungan Seksual Tapi Soal Reproduksi Sehat

Media Digital
Kamis, 02 Mei 2024 - 16:57 WIB
Ujang Hasanudin
Kepala BKKBN: Remaja Butuh Sex Education, Bukan Tentang Hubungan Seksual Tapi Soal Reproduksi Sehat Acara Orientasi/Workshop Fasilitator Kesehatan Reproduksi pada Kelompok Risiko Tinggi yang dilaksanakan di Hotel Alana Malioboro, kawasan Mantrijeron Yogyakarta, Rabu (1/05/2024). - Ist

Advertisement

JOGJA— “Di Indonesia ini, orang memberikan pelajaran tentang sex education kan seringnya dianggap tabu. Padahal kan kita selalu ngomong bahwa (pengertian) seks itu bukan hubungan seks.” Pernyataan ini disampaikan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo saat memberikan arahan pada Orientasi/Workshop Fasilitator Kesehatan Reproduksi pada Kelompok Risiko Tinggi. Kegiatan nasional ini diikuti Bagi Fasilitator Kesehatan Reproduksi tingkat pusat dan provinsi, yang dilaksanakan di Hotel Alana Malioboro, kawasan Mantrijeron Yogyakarta, Rabu (1/05/2024).

Kepala BKKBN yang lebih akrab dipanggil dokter Hasto ini menjelaskan bahwa pendidikan seks atau seksualitas itu bukan berbagi pengetahuan tentang berhubungan seksual. Tapi pendidikan tentang bagaimana mengenal organ reproduksi laki dan perempuan, dan bagaimana menjaganya agar tetap sehat sehingga ketika tiba saatnya melakukan kegiatan reproduktif (pembuahan kemudian hamil) akan menghasilkan keturunan yang sehat dan selamat ibu dan anaknya.

Advertisement

Sebagaimana diketahui remaja merupakan kelompok yang beresiko tinggi dalam hal kesehatan reproduksinya. Remaja merupakan kelompok umur yang sedang mengalami masa peralihan menuju kematangan seksual, mengalami perubahan fisik dan psikis dari anak mengarah pada kedewasaan. Secara sosial juga mengalami perubahan keadaan ekonomi dari ketergantungan menjadi relatif mandiri.

Pengaruh informasi global yang semakin mudah diakses berkecenderungan mempengaruhi remaja untuk mengadaptasi kebiasaan-kebiaasaan tidak sehat seperti merokok, minum minuman berakohol, penyalahgunaan NAPZA dan perilaku seksual yang tidak sehat.

Senada dengan yang telah disampaikan dokter Hasto, Kepala Perwakilan BKKBN DIY, Andi Ritamariani menyampaikan pentingnya Pembinaan Kesehatan Reproduksi pada Kelompok Remaja Resiko Tinggi untuk mendukung generasi Indonesia Emas 2045, karena banyak sekali masalah yang timbul pada kelompok rentan, diantaranya : minim edukasi kespro, kehamilan remaja, seks bebas, infeksi menular seksual, HIV/AIDS, kehamilan yang tidak diinginkan serta kasus aborsi.

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2014 tentang Kesehatan Reproduksi, negara menjamin pemenuhan hak kesehatan reproduksi setiap orang yang diperoleh melalui pelayanan kesehatan yang bermutu, aman, dan dapat dipertanggungjawabkan. Pelayanan kesehatan ibu dilakukan sedini mungkin dimulai sejak masa remaja sesuai dengan perkembangan mental dan fisik. Pelayanan kesehatan reproduksi remaja bertujuan untuk mencegah dan melindungi remaja dari perilaku seksual berisiko dan perilaku berisiko lainnya serta menyiapkan remaja menjalani kehidupan reproduksi yang sehat dan bertanggungjawab. Pelayanan kesehatan reproduksi remaja dilakukan melalui KIE, konseling dan pelayanan klinis medis.

BACA JUGA: Gelar Rakerda, BKKBN DIY Optimalkan Target Program Bangga Kencana

Pemerintah mulai dari tingkat pusat sampai daerah serta masyarakat bertanggung jawab atas pemberian informasi dan pelaksanaan edukasi mengenai kesehatan reproduksi kepada masyarakat. Pemberian informasi dan edukasi tersebut bisa dilakukan melalui wadah formal dan nonformal seperti sekolah, pertemuan, seminar dan penyuluhan. Dengan informasi dan edukasi tersebut, diharapkan dapat menurunkan kejadian premaritas seks, seks bebas, angka kehamilan tidak diinginkan, stunting serta angka kematian ibu dan anak.

Berkaitan dengan hal tersebut Direktorat Bina Kesehatan Reproduksi BKKBN bekerja sama dengan Rutgers Indonesia telah menyusun Panduan dan Alat Permainan Edukatif (APE) Pembinaan Kesehatan Reproduksi bagi Kelompok Risiko Tinggi. Panduan dan Alat Permainan Edukatif (APE) ini akan digunakan oleh fasilitator kesehatan reproduksi mulai dari tingkat pusat sampai provinsi dalam melakukan implementasi pembinaan kesehatan reproduksi. Workshop ini diselenggarakan guna lebih memaksimalkan penggunaan APE tersebut. Peserta kegiatan adalah para pengampu masalah kesehatan reproduksi pada BKKBN Provinsi seluruh Indonesia. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sesuai Penugasan Pemerintah, Pertamina Patra Niaga Tetap Salurkan Pertalite

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement