Advertisement

5 Paket Pemeliharaan Jalan di Kulonprogo Mulai Dikerjakan, Ini Dia Lokasinya

Triyo Handoko
Kamis, 02 Mei 2024 - 21:47 WIB
Arief Junianto
5 Paket Pemeliharaan Jalan di Kulonprogo Mulai Dikerjakan, Ini Dia Lokasinya Ilustrasi pengerjaan pemeliharaan jalan - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Program pemeliharan jalan di Kulonprogo mulai dikerjakan pada Mei ini yang menyasar lima paket. Semua paket pemeliharaan jalan sudah dilakukan kontrak dengan pihak ketiga dimana sumber anggarannya dari dana alokasi khusus (DAK) milik Pemerintah Pusat.

Kelima paket pemeliharan itu meliputi ruas jalan Pasar Bendungan-Pleret, Jalan Kasatrian-Kalurahan Panjatan, Pasar Temon-Pantai Glagah, Simpang Demen-Girigondo, dan Tonobakal-Simpang Girigondo. Lima paket pemeliharaan jalan ini tanggung jawab Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kulonprogo.

Advertisement

Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan, DPUPKP Kulonprogo Wuriandreza Gigih Muktitama menjelaskan lima paket itu dibagi dalam dua kelompok pengerjaan. Kelompok pertama dikerjakan dalam enam bulan dengan dana Rp9,4 miliar yang meliputi ruas  jalan Pasar Bendungan-Pleret, Jalan Kasatrian-Kalurahan Panjatan.

Sedangkan kelompok kedua dikerjakan dalam waktu empat bulan dengan anggaran Rp6,79 miliar yang meliputi ruas jalan Pasar Temon-Pantai Glagah, Simpang Demen-Girigondo, dan Tonobakal-Simpang Girigondo. "Untuk kelompok paket pertama sudah dimulai sosialisasi, kalau paket pemeliharaan kelompok kedua sedang tahap pengadaan material," jelas Gigih.

BACA JUGA: APBD Tersedot untuk Pilkada, Perbaikan Jalan di Gunungkidul Andalkan Bantuan Pusat

Gigih menjelaskan sosialisasi dilakukan agar saat pengerjaan tidak ada hambatan dan masyarakat serta pengguna jalan tersebut mengetahui rencana proyek tersebut. "Agar diterima bersama dan dapat diperhatikan, misalnya nanti ada buka tutup jalan atau lainnya agar pengguna jalan paham, supaya dapat dikerjakan sesuai targetnya," ujar dia.

Pemeliharaan jalan pada 2024 di Bumi Binangun, jelas Gigih, juga menyediakan dua paket lagi yang bersumber dari APBD Kulonprogo. "Dua paket ini masih dibahas dan belum ada kontrak pengerjaannya," terangnya.

Dua paket pemeliharaan jalan dengan APBD itu, lanjut Gigih, akan dilakukan dalam jumlah yang lebih kecil dan tersebar tak terfokus pada ruas tertentu. "Pemeliharan jenis sumber APBD akan dilakukan di Kapanewon Lendah dan satunya lagi masih dibahas." 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dugaan Korupsi Taspen, KPK Panggil Pimpinan Perusahaan KB Valbury Sekuritas

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement