Advertisement

Jemaah Calon Haji DIY Tetap Berangkat Lewat Solo Meski Adi Soemarmo Turun Status

Yosef Leon
Rabu, 08 Mei 2024 - 19:27 WIB
Sunartono
Jemaah Calon Haji DIY Tetap Berangkat Lewat Solo Meski Adi Soemarmo Turun Status Ibadah haji oleh jemaah haji / Foto ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) DIY memastikan belum ada perubahan lokasi keberangkatan bagi jemaah calon haji (JCH) wilayah setempat yang akan menuju Mekkah, Arab Saudi menyusul diturunkannya status Bandara Adi Soemarmo Solo menjadi bandara domestik. 

Keberangkatan CJH asal Jogja biasanya memang melalui Solo meskipun YIA telah berstatus sebagai bandara internasional. Setelah Kemenhub menetapkan YIA sebagai satu-satunya bandara internasional di Jawa Tengah dan DIY, CJH tahun ini nantinya tetap diberangkatkan dari Solo. 

Advertisement

BACA JUGA : Jemaah Haji Diminta Menjaga Kebugaran Fisik, Menag: Jangan Terlalu Diforsir

Kepala Kanwil Kemenag DIY Masmin Afif mengatakan, sampai sekarang pihaknya belum menerima informasi soal adanya peralihan lokasi keberangkatan para CJH. Sedikitnya 3.452 JCH yang akan menuju tanah suci masih tetap dijadwalkan berangkat melalui Embarkasi Solo (SOC). 

"Belum ada informasi peralihan, persiapan kami masih tetap di Solo. Karena 11 Mei itu jemaah sudah masuk asrama haji yang kloter pertama Solo. Kalau kloter 46 Jogja masih pertengahan Mei," katanya, Rabu (8/5/2024). 

Masmin menjelaskan, rencana pembangunan embarkasi haji di Kabupaten Kulonprogo tetap sesuai rencana. Saat ini instansi terkait masih memproses persyaratan dan berbagai kelengkapan lainnya bersama dengan pemerintah pusat. Selain itu pihaknya juga telah mengusulkan anggaran agar embarkasi haji di YIA bisa terwujud. 

Luas tanah calon lokasi embarkasi haji di Kulonprogo itu nantinya mencapai tujuh hektare yang memakai lahan Sultan Ground (SG). Lokasi pembangunannya ada di Dusun Pripit, Desa Hargomulyo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulonprogo yang hanya berjarak lima kilometer dari bandara YIA. 

"Rencananya juga nanti asrama hajinya sudah tipe asrama haji hotel haji. Selain untuk pelayanan haji juga bisa untuk kebutuhan turis," katanya. 

BACA JUGA : Garuda Indonesia Kerahkan 976 Petugas untuk Layani Penerbangan Haji

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag DIY Aidi Johansyah menyebut, sampai sekarang jadwal keberangkatan CJH asal DIY masih terjadwal melalui Solo. "Keberangkatan tetap dari Adi Soemarmo. Karena dalam ketentuannya kecuali ada penerbangan tertentu untuk haji. Haji mungkin di klausul penerbangan tertentu itu," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penjelasan KNKT Terkait Pesawat Jatuh di Lapangan Sunburst Bumi Serpong Damai

News
| Senin, 20 Mei 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menikmati Sendratari dan Pertunjukan Wayang di Jogja

Wisata
| Minggu, 19 Mei 2024, 06:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement