Advertisement

Survei Calon Wali Kota Jogja dari Kalangan Muda: Politikus Gerindra dan PKB Teratas

Sunartono
Sabtu, 11 Mei 2024 - 10:37 WIB
Sunartono
Survei Calon Wali Kota Jogja dari Kalangan Muda: Politikus Gerindra dan PKB Teratas Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dua politikus muda Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menduduki urutan teratas dalam survei Calon Wali Kota Jogja yang digelar Institut Potensi Indonesia (IPI).

Kedua nama tersebut adalah R. Krisma Eka Putra yang menjabat sebagai anggota DPRD Kota Jogja periode 2019-2024 mendapatkan suara survei 44,1%. Adapun di urutan kedua adalah Sholihul Hadi dari PKB yang merupakan anggota DPRD Kota Jogja terpilih periode 2024-2029 mendapatkan 41,2%.

Advertisement

BACA JUGA : Pilkada 2024: PPP Jogja Akan Gandeng 5 Parpol Bentuk Koalisi Besar

Disusul Susanto Dwi Antoro dari PDIP dengan 5,8%, Nasrul Khoiri dari PKS mendapatkan 4,8% serta R. Candra Akbar Ishmata dari Partai Golkar mengantongi 1,9%. Adapun urutan keenam muncul nama Sekretaris DPD PAN DIY Indaruwanto Eko Cahyono di angka 1,5%.

"Survei ini dilakukan khusus untuk kalangan muda dan hasilnya muncul nama-nama politikus muda tersebut," kata Peneliti IPI, Nasrum dalam keterangannya Jumat (10/5/2024).

Ia menambahkan survei dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 1-5 Mei 2024, melalui berbagai platform media sosial. Adapun tingkat partisipasi pemberi voting sebanyak 7.021 suara.

Dalam proses survei tersebut lembaganya menggandeng komunitas anak muda hingga kalangan mahasiswa. Adapun dipilihnya kategori usia muda untuk mengetahui peta potensi kepemimpinan dari kalangan muda di Kota Jogja. "Kami menentukan batasan usia survei ini antara 25 sampai 45 tahun," ujarnya.

Nasrum menilai ada fenomena menarik dalam survei kali ini. Di mana R. Krisma pada Pileg 2024 lalu gagal mendapatkan kursi periode 2024-2029 namun justru mendapatkan suara tertinggi. Sementara Solihul Hadi yang baru saja terpilih sebagai pendatang baru menduduki urutan kedua.

"Ini fenomena menarik, karena responden ini secara umum berasal dari seluruh Kota Jogja bukan dari dapil tertentu, mungkin kalangan muda memiliki penilaian tersendiri terhadap sosok-sosok politikus muda ini," katanya.

Politikus PKB Solihul Hadi saat dimintai tanggapan terkait survei tersebut menilai sah-sah saja lembaga tertentu melakukan survei. Meski ia berada di urutan kedua hasil survei tersebut, namun belum berfikir untuk ke arah menjadi bakal calon Wali Kota maupun Wakil Wali Kota Jogja.

BACA JUGA : 54 Pendaftar Akan Ikuti Seleksi Panwascam Pilkada Kota Jogja

"Karena saat ini saya masih fokus dengan persiapan saya yang di pileg [sebagai anggota DPRD Kota Jogja periode 2024-2029], bagaimana ke depan agar saat saya di legislatif bisa bermanfaat untuk warga Jogja," ujarnya.

Selain itu, bagi Solihul, ada tradisi yang harus dijunjung di kalangan internal PKB sebagai representasi Nahdlatul Ulama. Bahwa dalam setiap keputusan organisasi selalu melibatkan kiai. Tak terkecuali ketika PKB memutuskan untuk memilih siapa yang akan diusung di Pilkada Kota Jogja.

Ketua DPC PKB Kota Jogja ini enggan berkomentar jauh ketika disinggung jika kemungkinan kiai mendukungnya maju di Pilkada Kota Jogja. "Prinsipnya saya sebagai santri nanti nderek kiai, nanti para kiai di Kota Jogja ini akan memutuskan siapa, ya kami mengikuti. Saat ini juga kan sedang dalam proses penjaringan dan ada delapan nama yang mendaftar dari luar PKB," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkeu Terbitkan PMK Perpanjangan Insentif Pajak Pembelian Rumah

News
| Jum'at, 20 September 2024, 02:57 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement