Advertisement

Rombongan Pelajar SMPN 3 Depok Sleman Terlibat Kecelakaan Saat Study Tour di Bali, Ini Penjelasan Kepala Sekolah

David Kurniawan
Minggu, 19 Mei 2024 - 16:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Rombongan Pelajar SMPN 3 Depok Sleman Terlibat Kecelakaan Saat Study Tour di Bali, Ini Penjelasan Kepala Sekolah Bus pariwisata kecelakaan, terguling di ruas Jalan Imogiri-Mangunan, tikungan Wanagama Bawah Bukit Bego, Kelurahan Wukirsari, Kabupaten Bantul. - Antara/ist - Humas Polres Bantul\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kepala SMP Negeri 3 Depok, Sleman Darto angkat bicara berkaitan dengan salah satu bus yang membawa rombongan studi tour di sekolahnya kecelakaan di Bali pada Sabtu (18/5/2024) kemarin.

Dia menjelaskan, kecelakaan terjadi pada saat rombongan melaju dari Bedugul menuju ke Pelabuhan. Waktu itu rombongan hendak pulang ke Sleman. “Semua dalam keadaan sehat, meski ada peristiwa tiang listrik menimpa rombongan salah satu bus kami,” katanya saat dihubungi wartawan, Minggu (19/5/2024).

Advertisement

Menurut dia, peristiwa yang tidak diinginkan terjadi begitu saja. Saat bus melaju, tiba-tiba tiang patah hingga mengenai bagian belakang kendaraan rombongan study tour.

BACA JUGA: Bus Rombongan Study Tour Sleman Kecelakaan di Bali, Disdik Pastikan Seluruh Penumpang Selamat

“Ada tiga bus yang kami gunakan dan yang kena bus di urutan kedua. Ini di luar kendali manusia karena saat kejadian kondisi cuaca juga tidak ada hujan atau angin,” ungkapnya.

Darto mengungkapkan, kasus kecelakaan ini sudah ditangani oleh Polsek Buleleng. Berdasarkan keterangan dari polisi, di sekitar lokasi sudah tiga kali terjadi peristiwa tiang listrik ambruk.

“Jadi informasinya peristiwa tersebut bukan yang pertama kali,” katanya.

Meski sempat ada kendala pada saat perjalanan pulang dari studi tour dari Bali, ia memastikan seluruh rombongan sudah pulang ke rumah masing-masing dengan selamat.

“Ada 11 lokasi yang dikunjungi rombongan studi tour SMPN 3 Depok.  Sekarang rombongan sudah pulang ke rumah masing-masing,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Edy Widaryana membenarkan adanya keelakaan bus yang melibatkan rombongan studi tour siswa SMP Negeri 3 Depok saat perjalanan di Bedugul, Bali, Sabtu (18/5/2024). Meski demikian, ia memastikan tidak korban dalam peristiwa ini.

“Semua selamat dan tidak ada rombongan yang mengalami luka,” kata Edy.

BACA JUGA: PHRI DIY Khawatirkan Dampak Larangan Study Tour

Dia menjelaskan, kecelakaan terjadi diduga bermula dari tiga bus yang menjalani karya wisata yang ingin pulang dari Bedugul ke Sleman. Total ada tiga bus yang mengikuti kegiatan ini.

Nahasnya, pada saat perjalanan, ada salah satu mengalami kecelakaan. Bagian atap bus meyangkut kabel listrik yang menggantung hingga menyebabkan tiangnya ambruk.

“Hanya rusak bagian belakang dan kemungkinan sudah ada bus pengganti untuk meneruskan perjalanan ke Sleman. Untuk penumpang dalam kondisi selamat dan sehat,” ungkapnya.

Disinggung mengenai kegiatan studi tour, Edy mengakui hal tersebut bukan menjadi kewajiban. Meski demikian, ia tidak menampik bahwa kegiatan tersebut dapat menambah wawasan para siswa.

Hanya saja, ia menggarisbawahi pelaksanaan harus melaporkan ke Dinas Pendidikan Sleman. Selain itu, juga ada koordinasi dengan Dinas Perhubungan Sleman untuk memastikan armada yang digunakan aman pada saat dalam berjalan saat berangkat maupun kepulangan.

“Kegiatan ini adalah suka rela karena studi tour tidaklah wajib,” katanya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Gempur Rokok Ilegal

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ibadah Haji 2024, 234 Jemaah Haji Indonesia Meninggal Dunia

News
| Selasa, 25 Juni 2024, 20:42 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement