Advertisement

Kementerian Pertanian Salurkan 26 Unit Pompa Air irigasi ke Petani Gunungkidul

Newswire
Minggu, 26 Mei 2024 - 13:37 WIB
Ujang Hasanudin
Kementerian Pertanian Salurkan 26 Unit Pompa Air irigasi ke Petani Gunungkidul Ilustrasi - pompa air untuk irigasi sawah.JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kementerian Pertanian menyalurkan bantuan 26 unit pompa air irigasi untuk peningkatan indeks pertanaman (IP) padi di wilayah Kabupaten Gunungkidul. 

Bantuan 26 unit pompa air irigasi diserahkan melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul. Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul Raharjo Yuwono di Gunungkidul, Minggu, mengatakan bantuan pompa air irigasi diberikan sebanyak 26 unit kepada kelompok tani.

Advertisement

"Program ini untuk mendukung peningkatan produksi padi lewat perluasan areal tanam (PAT)," kata Raharjo, Minggu (26/5/2024)

Ia mengatakan pompa air ini dipergunakan untuk irigasi air permukaan dengan sumber air sepanjang Sungai Oya, atau sumber air lainnya seperti umbul/tuk. Ukuran pompa yang diberikan ukuran 4 inch dan 6 inch.

Ia berpesan agar bantuan pompa dipergunakan sebaik baiknya jangan sampai mangkrak, segera untuk dioperasionalkan guna mengatasi keperluan air tanaman padi di musim kedua ini.

BACA JUGA: Kemarau Telah Datang, Warga Girisubo Gunungkidul Beli Air Bersih 1.200 Tangki

Kelompok tani yang mendapat bantuan, diantaranya Kelompok Tani Bangunharjo di Karangtengah, Kelompok Tani Sedyo Rukun di Karangtengah, Kelompok Tani Tani Maju di Siraman, Kelompok Tani Sumber Mulyo di Rejosari.

"Kami berpesan agar bantuan pompa dipergunakan sebaik baiknya jangan sampai mangkrak, segera untuk dioperasionalkan guna mengatasi keperluan air tanaman padi di musim kedua ini," katanya.

Sementara itu, Danramil Semin Kapten Sri Handayani mengatakan TNI bersama babinsa akan mengawal sampai dengan pemasangan dan operasional pompa guna menambah pertanaman padi di musim kedua ini.

"Harapannya tanaman padi bisa panen dengan baik. Selain itu, ketahanan pangan masyarakat tetap terjaga," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Prihatin dengan Baku Tembak Perbatasan Israel-Lebanon

News
| Sabtu, 06 Juli 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement