Advertisement

Pemkot Jogja Kukuhkan Duta Muda Koperasi untuk Tingkatkan Minat Pemuda

Media Digital
Selasa, 28 Mei 2024 - 22:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pemkot Jogja Kukuhkan Duta Muda Koperasi untuk Tingkatkan Minat Pemuda Pemenang pemilihan Duta Muda Koperasi 2024 / Dokumentasi

Advertisement

TEGALREJO—Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM (Perinkop UKM) Kota Jogja mengukuhkan Duta Muda Koperasi di Hotel Tara, Selasa (28/5/2024). Duta Muda Koperasi diambil dari siswa SMA, SMK, dan MA se-Kota Jogja.

Sebanyak 15 peserta berlomba-lomba menampilkan presentasi terbaik terkait koperasi dalam pandangan generasi muda dengan tema Koperasi Modern Ala Gen Z. Beberapa dewan juri dihadirkan, baik dari kalangan akademisi hingga praktisi di bidang koperasi. Duta Muda Koperasi 2024 terpilih adalah atas nama Aufa Fadila.

Advertisement

Kepala Dinas Perinkop UKM Kota Jogja Tri Karyadi Riyanto Raharjo menuturkan nantinya Duta Muda Koperasi ini akan menjadi agen atau role model yang memperkenalkan terkait seluk beluk koperasi. Sebab, menurut Totok, sapaannya, stigma koperasi dalam pandangan generasi muda merupakan sesuatu yang kuno dan kaku. Dengan adanya Duta Muda Koperasi ini, diharapkan akan lebih banyak lagi anak-anak muda yang tertarik untuk bergelut di bidang koperasi.

"Pemkot Jogja ingin kegiatan pemilihan Duta Muda Koperasi ini akan bisa menyebarkan virus koperasi kepada teman sebayanya," ujar Totok, Selasa (28/5/2024).

Baca Juga

Dinsosnakertrans Kota Jogja Mendorong Perusahaan Bikin Koperasi Karyawan

Sempat Tersendat, Pengembangan UMKM lewat Jogja Smart Service Digalakkan Lagi

Pelaku UMKM di Jogja Didorong Segera Urus Sertifikasi Halal Sebelum Oktober 2024

Totok mengatakan Duta Muda Koperasi ini nantinya akan menjadi terobosan. Koperasi yang selama ini diurus oleh kaum-kaum sepuh, kemudian bisa diurus langsung oleh anak muda. Meski, di satu sisi Totok mengaku masih ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi. Misalnya, bagaimana penggunaan teknologi yang digunakan serta membuat koperasi relevan dengan zaman modern seperti sekarang.

"Ini merupakan pondasi awal koperasi bisa diperhitungkan. Memang di awal harus bekerja keras," imbuhnya.

Kepala Bidang Koperasi Kota Jogja Emy Indaryati menuturkan citra koperasi di masyarakat terkesan sebagai organisasi yang ketinggalan zaman. Ini mengingat SDM di dalamnya didominasi oleh orang tua, sehingga kualitas SDM kurang optimal. Sistem pengelolaannya juga belum dapat beradaptasi pada kemajuan zaman di era digital ini. Di samping itu, minimnya pengetahuan generasi muda tentang perkoperasian membuat mereka kurang tertarik untuk ikut bergabung ke dalam dunia perkoperasian.

"Peran dari generasi muda sangat dibutuhkan untuk menunjang keberlanjutan koperasi. Maka dari itu, untuk menarik perhatian generasi muda perlu adanya sosok yang dapat dijadikan sebagai role model serta media untuk memperkenalkan koperasi secara luas kepada generasi muda," ungkapnya.

Dia berharap pemilihan Duta Muda Koperasi ini dapat menarik perhatian dan minat generasi muda untuk ikut bergabung dalam dunia perkoperasian. Sehingga potensi besar koperasi dapat dioptimalkan untuk memberikan manfaat dan dampak ekonomi lebih luas bagi masyarakat. Sosok yang akan menjadi duta nantinya diharapkan memiliki pengetahuan yang mumpuni tentang perkoperasian modern yang mana nantinya pengetahuan tersebut dapat dibagikan kepada siswa jenjang SMA/SMK di berbagai sekolah yang ada di wilayah Kota Jogja.

"Ilmu perkoperasian ini dapat membantu mereka membangun sikap kedisiplinan dan tanggung jawab. Selain itu, adanya pengenalan ini dapat menciptakan inovasi dalam bidang usaha dan manajemen yang bermanfaat bagi koperasi, sehingga lebih modern dan beradaptasi dengan perkembangan zaman saat ini," tuturnya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menpora: Perhelatan Peparnas 2024 Beri Efek Ekonomi

News
| Minggu, 06 Oktober 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement