Advertisement

Nanggulan Dapat Bantuan Ruang Komputer dan Pelatihan dari Provinsi Gyeongsangbuk-do, Korea Selatan

Media Digital
Rabu, 29 Mei 2024 - 21:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Nanggulan Dapat Bantuan Ruang Komputer dan Pelatihan dari Provinsi Gyeongsangbuk-do, Korea Selatan Peresmian ruang komputer dengan pengguntingan pita yang diinisiasi YGSI Kantor Perwakilan Nanggulan, Rabu (29/5/2024). Harian Jogja - Triyo Handoko

Advertisement

KULONOROGO—Yayasan Globalisasi Saemaul Indonesia (YGSI) Kantor Perwakilan Nanggulan membangun ruang komputer lengkap dengan fasilitasnya serta pelatihan gratis bagi warga Bumi Binangun. Ruang komputer itu diresmikan oleh Penjabat Bupati Kulonprogo, Srie Nurkyatsiwi, bersama perwakilan Saemaul Foundation dan delegasi dari Provinsi Gyeongsangbukdo, Korea Selatan yang menginisiasi yayasan, Rabu (29/5/2024).

Total ada tujuh komputer lengkap dengan peranti tambahan yang dipasang di ruang yang diresmikan. Pengadaan fasilitas ruang komputer ini sepenuhnya didanai oleh pemerintah provinsi Gyeongsangbuk-do, Korea Selatan dan disalurkan melalui Saemaul Foundation. Pada tahap awal akan diadakan dua kursus utama. Yaitu kursus komputer dan bahasa Korea bagi warga Nanggulan.

Advertisement

Koordinator YGSI Kantor Perwakilan Nanggulan, Arief Nugroho Irianto, menjelaskan bantuan ruang komputer ini merupakan tindak lanjut dari program utama pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Saemaul Foundation di Kulonprogo. Sebelumnya, diberikan bantuan fasilitas kumbung untuk budi daya jamur tiram dan fasilitas budi daya ikan. Arief menerangkan bantuan tersebut pada 2023 sudah berjalan dan sifatnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara langsung. Sedangkan bantuan ruang komputer dan pelatihan bertujuan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

YGSI Kantor Perwakilan Nanggulan, menurut Arief, juga membuka peluang bagi warga Nanggulan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. “Masih kami upayakan, yang jelas peningkatan kapasitas SDM terus kami lakukan melalui pelatihan dasar IT dan bahasa Korea,” katanya.

Sementara, delegasi Gyeongsangbukdo, Kim Hoki, menyebut kerja sama Pemda DIY dan Provinsi Gyeongsangbukdo sudah berlangsung selama 19 tahun, dan secara umum kerja sama di Kulonprogo menjadi salah satu yang terbaik. “Di antara desa-desa di seluruh dunia yang bekerja sama dengan kami, Indonesia terpilih menjadi salah satu yang terbaik, termasuk Kulonprogo,” katanya.

Kim Hoki mengapresiasi kerja sama yang sudah terjalin tersebut. “Suasana perdesaan di sini mengingatkan saya pada waktu kecil, saya berharap di sini terus maju dan berkembang dengan baik,” ujarnya.

Penjabat Bupati Kulonprogo, Srie Nurkyatsiwi, mengapresiasi kerja sama tersebut. Siwi menerangkan banyak perkembangan pesat setelah Saemaul Foundation memberikan perhatian di Kulonprogo. “Khususnya di Kapanewon Nanggulan ini, kami harap program yang ada dimanfaatkan secara maksimal oleh warga,” katanya.

Siwi menyebut, seluruh program yang dijalankan YGSI Kantor Perwakilan Nanggulan sesuai dengan kebutuhan warga lokal. “Visi kehadiran kerja sama ini untuk menyejahterakan warga Nanggulan saya yakin dapat terwujud dengan kolaborasi dan partisipasi bersama,” katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement