Advertisement

Kantor Pertanahan Kulonprogo Target Terbitkan 10.000 Sertipikat Tahun Ini

Media Digital
Senin, 03 Juni 2024 - 17:57 WIB
Arief Junianto
Kantor Pertanahan Kulonprogo Target Terbitkan 10.000 Sertipikat Tahun Ini Peluncuran implementasi sertifikat elektronik oleh BPN DIY di Hotel Malioboro, Jumat (31/5/2024). - Harian Jogja/Alfi Annissa Karin

Advertisement

KULONPROGO—BPN Kulonprogo bersama kabupaten lainnya di DIY baru saja meluncurkan implementasi sertifikat elektronik pada 31 Mei 2024 lalu. Melalui kegiatan ini, seluruh pelayanan BPN yang berkaitan dengan pertanahan dilakukan secara digital.

Kepala Kantor Pertanahan Kulonprogo Anna Prihaniawati menyebut sejatinya implementasi sertifikat tanah elektronik telah dilaksanakan di wilayahnya sejak bulan lalu.

Advertisement

Sejauh ini baru bangunan milik pemerintah yang didorong untuk memiliki sertifikat elektronik. "Kami sudah ada 124. Belum banyak memang karena masih banyak masyarakat yang lebih senang dengan sertifikat hard copy," ujar Anna, Senin (3/6/2024).

Meski baru hitungan hari diluncurkan, Anna memastikan pihaknya terus melakukan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya kepemilikan sertifikat elektronik. Selain untuk mencegah mafia tanah dan sengketa tanah, sertifikat elektronik juga dapat mencegah sertifikat hilang ataupun rusak.

Pemilik juga tetap bisa melihat sertifikatnya melalui aplikasi Sentuh Tanahku. Kantor Pertanahan Kulonprogo juga telah menyosialisasikan kepada lembaga yang kerap bersinggungan, misalnya PPAT dan Pemkab Kulonprogo.

"Sudah mulai kami coba dari awal tahun. Dengan Pemda Kulonprogo, BKAD, Dispentaru, Dinas PU, mereka kan banyak yang mensertifikatkan tanah. Mulai belajar dengan elektronik, kami sudah pelatihan juga ke mereka," imbuhnya.

Anna memasang target setidaknya tahun ini 10.000 sertifikat elektronik mampu diterbitkan. Baik masyarakat yang melakukan alih media ataupun pendaftaran pertama. "Kami mengajak masyarakat untuk selalu mendaftarkan sertipikatnya sendiri jangan melalui kuasa. Kami meyakinkan masyarakat, sertifikat elektronik ini aman dan bisa dilihat melalui aplikasi Sentuh Tanahku."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kecaman Dunia terhadap Israel Terus Menggema di Forum PBB

News
| Minggu, 06 Oktober 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement