Advertisement

Iduladha 2024, 6 Ribu Lebih Hewan Kurban Akan Disembelih di 500 Titik Jogja

Lugas Subarkah
Selasa, 04 Juni 2024 - 16:57 WIB
Arief Junianto
Iduladha 2024, 6 Ribu Lebih Hewan Kurban Akan Disembelih di 500 Titik Jogja Ilustrasi penjual kambing untuk Iduladha. - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pada pelaksanaan Iduladha di Kota Jogja tahun ini akan dilaksanakan penyembelihan sebanyak 6.996 hewan kurban yang tersebar di 500 titik. Pemkot Jogja akan menyiapkan petugas yang memantau penyembelihan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja, Sukidi, menjelaskan jumlah hewan kurban tersebut terdiri dari 2.448 ekor sapi, 1.600 kambing dan 2.950 domba. “Tetapi jumlah ini masih sementara, karena masih bisa bertambah lagi,” ujarnya.

Advertisement

Jika dibandingkan dengan Iduladha dua tahun sebelumnya, jumlah ini ada sedikit penambahan. Pada Iduladha 2022, totalnya ada 6.696 hewan kurban dengan rincian 2.320 sapi, 1.489 kambing dan 2.581 domba. Sedangkan 2023 totalnya 6.870 hewan kurban dengan rincian 2.407 sapi, 1.563 kambing dan 2.800 domba.

Pihaknya bekerja sama dengan instansi terkait seperti KUA, Kemantren dan Kemenag untuk mengetahui titik yang menjadi tempat pemotongan hewan kurban. “Sampai hari ini yang sudah teridentifikasi ada 500 titik,” ungkapnya.

Di ratusan titik penyembelihan itu, pihaknya akan menerjunkan tim pemantau yang terdiri dari dokter hewan sebanyak 120 orang. “Nanti bekerja H-1 sampai H+3, mengawasi di titik-titik penyembelihan. Jadi empat hari bekerja nonstop untuk memastikan hewan yang akan disembelih memang sehat dan memenuhi standar teknis sebagai daging layak konsumsi,” katanya.

BACA JUGA: Transaksi Ternak Meningkat Jelang Iduladha

Adapun ketersediaan hewan kurban yang berasal dari Kota Jogja sendiri jumlahnya sangat kecil. Saat ini hanya ada kelompok ternak di Bener, Tegalrejo, dengan populasi sapi 11 ekor. Sedangkan untuk populasi kambing sebanyak 213 ekor.

“Sehingga praktis hewan yang akan disembelih dijadikan hewan kurban, sebagian besar didatangkan dari daerah lain, dari luar Kota Jogja. Sampai hari ini belum ada temuan [penyakit]. Kami pantau di semua titik penjual hewan kurban tiban dan di pasar kalau saat ini,” paparnya.

Selain di 500 titik penyembelihan tersebut, masyarakat juga bisa memanfaatkan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) milik Pemkot Jogja di Giwangan. Pihaknya bekerja sama dengan Baznas Kota Jogja untuk mengatur penyembelihan hewan setiap harinya.

“Jadi nanti yang akan mengatur hewan hari ini berapa, adalah Baznas. Nah kami di sana hanya memotong saja. Kemampuan memotong kami di RPH itu normalnya 40 ekor per hari. tapi dalam kondisi tertensu bisa sampai 70 ekor per hari,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gaji Pokok Tidak Naik 12 Tahun, Mulai 7 Oktober Solidaritas Hakim se-Indonesia Mogok Sidang

News
| Sabtu, 28 September 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement