Advertisement

Belum Juga Bisa Pasang CCTV di Objek Wisata, Dispar Bantul Sebut Anggaran Cekak Jadi Biangnya

Jumali
Senin, 10 Juni 2024 - 18:57 WIB
Arief Junianto
Belum Juga Bisa Pasang CCTV di Objek Wisata, Dispar Bantul Sebut Anggaran Cekak Jadi Biangnya Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul mengaku sampai saat ini belum bisa memasang kamera pemantau (CCTV) di sejumlah lokasi wisata. Keterbatasan anggaran Dispar Bantul jadi biangnya.

"Sampai 2025 belum ada rencana pengadaan CCTV. Karena anggaran memang terbatas. Sebenarnya kami tidak ingin hanya diobjek wisata, tapi CCTV bisa dipasang di jalur dan akses wisata," kata Kepala Dispar Bantul, Saryadi, Senin (10/6/2024).

Advertisement

Dengan dipasangnya CCTV di jalur wisata, kata mantan Sekretaris Dinsos Bantul ini, akan memudahkan sejumlah dinas untuk merespon jika ada kejadian. Apalagi di tempat wisata, sehingga semua bisa termonitor.

"Tetapi, sekali lagi karena keterbatasan anggaran, belum ada. Padahal, setiap tahun kita sudah usulkan. Untuk keterlibatan swasta? Tidak ada masalah jika ada CSR yang masuk, hanya saja, sampai saat ini belum ada," imbuh Saryadi.

Terkait dengan usainya pembangunan Jembatan Pandansimo dan penyambungan JJLS, Saryadi menyatakan pihaknya akan fokus menggeser TPR dari utara ke selatan JJLS. "Sementara memang itu infrastruktur yang kami prioritaskan," ucap Saryadi.

BACA JUGA: Pertokoan Malioboro Jogja Dicoret-coret! Pelaku Vandalisme Terekam CCTV

Beberapa waktu lalu, Kapolsek Srandakan, Kompol Slamet Subiantoro mengaku pihaknya berharap agar Dispar Bantul bisa memasang CCTV di jalan menuju tempat wisata, utamanya Pantai Cangkring. Sebab, tidak adanya CCTV membuat kepolisian kesulitan mendeteksi kasus kejahatan yang mungkin terjadi di sekitar objek wisata.

"Kalau ada CCTV-nya kan akan membantu kami mengungkap pelaku. Jika mengandalkan saksi, pasti minim jika di lokasi yang sepi," ucap Kapolsek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Server Pusat Data Nasional Down Empat Hari, Pengguna Diminta Backup Data

News
| Senin, 24 Juni 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement