Advertisement

PHRI Bantul Targetkan Okupansi Hotel 75 Persen di Libur Sekolah 2024

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 11 Juni 2024 - 12:47 WIB
Sunartono
PHRI Bantul Targetkan Okupansi Hotel 75 Persen di Libur Sekolah 2024 Ilustrasi Hotel/ Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bantul tidak menargetkan okupansi kamar hotel yang muluk pada momen libur sekolah tahun 2024, yaitu di angka 75%. Hal itu lantaran segmen wisatawan selama libur sekolah sebagian besar pelajar. 

Ketua PHRI Bantul, Yohanes Hendra menyampaikan target okupansi hotel selama momen tersebut sekitar 75%. Target tersebut sama dengan okupansi yang dicapai hotel Bantul pada momen libur sekolah tahun lalu.  

Advertisement

BACA JUGA : Libur Long Weekend, Kunjungan Wisata dan Okupansi Hotel di Sleman Meningkat

Kunjungan wisatawan pelajar akan meningkat selama momen libur sekolah, sementara kunjungan wisatawan masyarakat umum tidak naik signifikan. Alasannya selama momen libur sekolah, masyarakat umum tetap bekerja lantaran tidak ada libur nasional di sela-sela libur sekolah tersebut. "Sehingga momen libur sekolah hanya untuk anak sekolah, pekerja kan tidak libur," katanya, Selasa (11/6/224). 

Hendra memperkirakan wisatawan yang menginap di Bantul pada momen tersebut masih berasal dari wisatawan domestik, sebagian besar dari Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur. Reservasi hotel pun diperkirakan akan meningkat menjelang dimulainya momen libur sekolah atau sekitar akhir Juni 2024. 

Dia memperkirakan wisatawan pun tidak akan lama tinggal di Bantul. Hal itu lantaran length of stay atau lama tinggal wisatawan menginap di Bantul masih 1 hari. Pilihan hotel dan homestay yang ada di Bantul masih terbatas menjadi penyebab lama tinggal wisatawan masih rendah.

Menurutnya beberapa wisatawan yang berkunjung ke Bantul masih akan mempertimbangkan Sleman dan Kota Jogja sebagai tempat menginap lantaran pilihan penginapan yang ada lebih banyak. Meski begitu, dengan momen libur sekolah sekitar dua minggu, Hendra berharap lama tinggal wisatawan dapat lebih lama dari perkiraannya. 

BACA JUGA : Okupansi Hotel di DIY Diprediksi Capai 100 Persen di Hari Kedua Libur Lebaran 2024

Selain itu, dia pun memperkirakan penjualan resto-resto di Bantul akan meningkat selama momen libur sekolah. Tren wisatawan dari daerah lain untuk mencicipi menu masakan dari restoran lokal dinilai akan terjadi pula saat momen libur sekolah tersebut. Dia menuturkan hotel dan restoran di Bantul saat ini tengah mempersiapkan berbagai promo untuk momen libur sekolah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

LBH Padang Akhirnya Beberkan Kronologi Penganiayaan Anak oleh Polisi

News
| Minggu, 23 Juni 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement