Advertisement

Warga Singapura Memberikan Serahkan Bantuan 1.600 Domba ke Gunungkidul

Andreas Yuda Pramono
Senin, 17 Juni 2024 - 20:47 WIB
Arief Junianto
Warga Singapura Memberikan Serahkan Bantuan 1.600 Domba ke Gunungkidul Ilustrasi domba. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Bupati Gunungkidul menyerahkan bantuan hewan kurban domba berjumlah 1.600 ekor yang berasal dari Yayasan Attawasol Insaniy Singapura ke Kabupaten Gunungkidul. Hewan kurban ini merupakan himpunan dari warga Singapura.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan hewan kurban ini didistribusikan kepada jamaah penerima yang terdiri dari takmir musala, masjid, lembaga, pondok pesantren maupun masyarakat.

Advertisement

Domba biri-biri ini tidak didatangkan langsung dari Singapura, namun mengambil dari beberapa kabupaten di DIY seperti Gunungkidul. Setiap tahun, jumlah bantuan terus bertambah. Dari ratusan ekor menjadi ribuan ekor.

Menurut Sunaryanta, bantuan ini merupakan hasil kerja sama dengan muslim Singapura. Domba-domba ini menjadi tambahan pasokan hewan kurban, karena hewan kurban yang dibutuhkan masih kurang. Dari ini saja, ada sekitar 400 proposal permohonan bantuan hewan kurban baik dari masjid maupun musala di berbagai wilayah di Gunungkidul.

Ketua Yayasan Attawasol Insaniy Singapura, Ustad Dr. Leyaked Ali Muhammad Umar mengatakan hewan qurban ini juga bentuk nazar muslim Singapura dan titipan muslim di sana yang sedang menggelar aqiqoh.

Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Gunungkidul, Zuhdan Aris mengatakan lokasi pemotongan hewan kurban tersebar di sekitar 1.405 titik di 18 kapanewon di Gunungkidul. Total penerima manfaat mencapai kurang lebih 212.688 orang. Perkiraan jumlah hewan kurban jenis sapi yang dipotong mencapai total 3.117 ekor, kambing 7.655 ekor, dan domba 3.409 ekor.

BACA JUGA: Kemenag Bantul Imbau Daging Kurban Dikemas dengan Wadah Ramah Lingkungan

Di Kapanewon Wonosari, pasokan sapi mencapai 487 ekor, kambing 409 ekor, dan domba 3.409 ekor. Total penerima manfaat mencapai 53.700 orang. Jumlah pasokan hewan kurban ini terpaut jauh dengan pasokan di Kapanewon Nglipar. Di situ, pasokan sapi hanya 160 ekor dan kambing 368 ekor dengan penerima manfaat 15.076 orang.

“Kami telah bekerja sama dengan kelompok juru sembelih halal untuk menyelenggarakan pelatihan dan pembinaan penyembelihan,” kata Zuhdan dihubungi, Senin (17/6/2024).

Zuhdan mengimbau masyarakat untuk mengedepankan Ukhuwah Islamiyah pada Iduladha. Dalam hal penyembelihan hewan kurban, apabila terdapat perbedaan, Kankemenag Gunungkidul mengharapkan saling menghargai perbedaan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan IKN Baru Mencapai 15 Persen Saat Perayaan HUT RI 17 Agustus

News
| Selasa, 16 Juli 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement