Advertisement

Minta Kompos ke DLH Jogja, Petani Sanden Justru Dikirimi Sampah

Jumali
Selasa, 02 Juli 2024 - 18:47 WIB
Arief Junianto
Minta Kompos ke DLH Jogja, Petani Sanden Justru Dikirimi Sampah Panewu Sanden Deni Ngajis (topi putih) saat mengecek lokasi pembuangan sampah di lahan pasir, Selasa (2/7/2024). - Istimewa Kapanewon Sanden

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Kapanewon Sanden, Bantul meminta kepada DLH Kota Jogja untuk kembali mengambil belasan truk sampah yang saat ini ditempatkan di lahan pasir petani setempat.

Pasalnya, petani lahan pasir awalnya dijanjikan pupuk organik hasil olahan sampah, tapi yang datang justru sampah yang gagal dibuat kompos.

Advertisement

Panewu Sanden, Deni Ngajis Hartono mengungkapkan awalnya ada tawaran dari DLH Kota Jogja terkait dengan kompos hasil olahan sampah ke petani di wilayahnya.

Tawaran itu pun ditanggapi salah satu petani dengan dengan meminta DLH Kota Jogja memasok kompos ke lahan pertaniannya. Alasannya, kata Deni, petani tersebut tidak perlu mengeluarkan sepeser uang pun untuk mendapatkan satu truk kompos. "Awalnya hanya satu petani dan yang datang memang pupuk kompos organik. Lalu, kelompok petani tertarik dan meminta agar dikirimi pupuk kompos," kata Deni, Selasa (2/7/2024).

Saat kedatangan, lanjut Deni, truk DLH Kota Jogja membawa kompos. Namun, dalam perkembangannya pada pengirman selanjutnya, bukan kompos tetapi justru olahan kompos yang gagal dan masih dalam bentuk sampah dikirim ke petani. "Dan, ini sudah kami cek. Tumpukan itu bukan pupuk, tetapi sampah," lanjut Deni.

BACA JUGA: Keren! Forum Bank Sampah Mergangsan Jogja Sulap Sampah Plastik Menjadi Kreasi Fashion

Setelah itu, Deni pun menghubungi Kepala DLH Kota Jogja, Sugeng Darmanto untuk mengambil kembali tumpukan sampah tersebut.  "Pihak DLH Kota mengaku sedang mengusahakan dan mengoordinasikan, tapi belum bisa memastikan kapan waktu pengambilannya," jelas Deni.

Menurut Deni, volume sampah yang diletakkan di lahan pasir tersebut cukup banyak. Dia memperkirakan ada belasan truk sampah di tempatkan di lokasi tersebut. "Itu baru Gadingsari lho. Sepertinya masih ada lokasi lainnya," imbuh Deni.

Sementara Kepala DLH Kota Jogja, Sugeng Darmanto enggan mengangkat telepon. Ia hanya mengirimkan pesan via pesan WhatsApp. "Masih koordinasi dengan Sekda," tulis Sugeng dalam pesan singkatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perayaan HUT RI di IKN, Garuda Indonesia Menyiapkan Penerbangan Tambahan

News
| Kamis, 04 Juli 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement