Advertisement

Bantul Akan Tambah Satu Lagi TPST, Ini Lokasinya

Jumali
Rabu, 03 Juli 2024 - 07:17 WIB
Maya Herawati
Bantul Akan Tambah Satu Lagi TPST, Ini Lokasinya Foto ilustrasi. Sejumlah armada pengangkut sampah lalu lalang di sekitar TPA Piyungan, beberapa waktu lalu. - dok - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul akan menambah satu TPST di wilayahnya. TPST itu direncanakan dibangun di Kapanewon Piyungan.

"Karena dengan 3 TPST masih kurang, apalagi produksi sampah dari tahun ke tahun semakin meningkat," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Selasa (2/7/2024).

Advertisement

Selain itu, Halim menyebut, adanya kerja sama dengan Kota Jogja untuk penanganan sampah telah membuat sebagian kapasitas TPST yang ada saat ini, akan dioptimalkan mengolah sampah dari Kota Jogja.

Saat ini, Halim menyatakan pembangunan TPST Dingkikan, dan Modalan hampir selesai. Hal sama juga terjadi untuk Intermediate Treatment Facility (ITF) Pusat Karbonasi Bawuran.

BACA JUGA: MKD Sebut Hanya Dua Orang Anggota DPR Terlibat Judi Online

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantul, Bambang Purwadi Nugroho mengatakan, wacana penambahan  TPST memang ada. Tapi untuk kepastiannya, Pemkab masih menghitung untuk anggaran dan kapasitasnya.

Namun, kata Bambang, jika ingin aman, TPST yang akan dibangun berkapitas 50 ton. Pertimbangannya, TPST tersebut akan memperkuat keberadaan TPST Modalan dengan kapasitas 50 ton, dan TPST Dingkikan 60 ton.

Bambang juga memperkirakan untuk pembangunan TPST baru nantinya baru bisa terealisasi 2025. Sebab, saat ini Pemkab fokus pada penyelesaian pembangunan 3 TPST yang ada. "Selain juga mekanisme anggaran," kata Bambang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Megawati Pimpin Sumpah Janji Perpanjangan Jabatan Pengurus DPP PDIP

News
| Jum'at, 05 Juli 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement