Advertisement

Dua KK di Gunungkidul Lolos Tahap Pertama Program Transmigrasi

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 05 Juli 2024 - 17:37 WIB
Maya Herawati
Dua KK di Gunungkidul Lolos Tahap Pertama Program Transmigrasi Transmigrasi - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Tenaga Kerja (DPKUKMTK) Kabupaten Gunungkidul menyampaikan program transmigrasi telah masuk tahap seleksi. Pada tahapan ini ada dua kepala keluarga (KK) calon transmigran (catrans) yang lolos.

Kepala Bidang Tenaga Kerja DPKUKMTK, Yohanes Nanang Putranto mengatakan pendaftar program transmigrasi ada 36 KK.

Advertisement

Melalui seleksi minat penempatan, ada lima KK yang lolos. Setelah melalui seleksi sosisal-ekonomi, pendaftar disaring dan menghasilkan dua KK yang layak maju tahap selanjutnya. Dua KK yang terpilih tersebut berasal dari Kapanewon Patuk dan Tanjungsari.

“Minggu depan kami agendakan tahapan pemantapan KK yang terseleksi,” kata Nanang dihubungi, Jumat (5/7/2024).

Nanang menambahkan penentuan dua KK ini baru tahap pertama. Tahapan selanjutnya adalah kunjungan ke rumah calon transmigran. Hasil kunjungan dan observasi ini akan menentukan keputusan hasil akhir.

Penetapan keluarga penerima program transmigrasi dilakukan setelah catrans mengikuti pelatihan dan terbit surat keputusan (SK) Bupati.

Tahun ini, lokasi penempatan transmigran untuk Kabupaten Gunungkidul yaitu Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Nantinya, transmigran akan mendapat fasilitasi pendukung di lokasi penempatan seperti satu unit rumah, lahan seluas satu hingga dua hektare (ha), dan jaminan hidup selama 12 bulan untuk lahan kering, dan 18 bulan untuk lahan basah.

Transmigran juga akan mendapat bantuan modal dari APBD yang besaran nominalnya disesuaikan dengan kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Gunungkidul.

BACA JUGA: Bacakan Nota Pembelaan, SYL Mengaku Tak Pernah Memeras Tapi Anak Buah yang Cari Muka

Pada 2023, DPKUKMTK telah memberangkatkan lima KK dengan tujuan dua KK ke Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara dan tiga keluarga ke Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat. Setiap KK mendapatkan bantuan modal usaha sebesar Rp10 juta.

Sebelumnya, Kepala DPKUKMTK Gunungkidul, Supartono menyampaikan seleksi sosial-ekonomi dilakukan dengan mendatangi tiap rumah. Pemkab juga mencatat kepemilikan harta, selain juga mengobservasi kesiapan mental dan keahlian catrans.

Pemkab juga memastikan bahwa catrans tidak memliki utang di lembaga keuangan. Apabila ada, calon transmigran perlu melunasi utang tersebut sebagai persyaratan yang harus dipenuhi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sindikat Judi Online Beromzet Rp500 Miliar Dibongkar Polisi, Tayangkan Live Streaming Erotis

News
| Senin, 08 Juli 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Mencicip Nasi Jamblang Khas Cirebon di Kota Jogja

Wisata
| Sabtu, 06 Juli 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement