Advertisement

Masih Banyak Wisatawan Terseret Ombak Parangtritis Tahun Ini, 2 Orang Meninggal Dunia

Jumali
Rabu, 10 Juli 2024 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Masih Banyak Wisatawan Terseret Ombak Parangtritis Tahun Ini, 2 Orang Meninggal Dunia Petugas memasang rambu peringatan bahaya di kawasan Pantai Parangtritis. - Harian Jogja/Yosef Leon Pinsker

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kejadian tenggelamnya wisatawan di kawasan Pantai Parangtritis bukan kali pertama terjadi sepanjang 2024. Hingga Rabu (10/7/2024) tercatat ada sembilan kejadian wisatawan tenggelam lantaran nekat bermain di area palung laut.

Kejadian pertama terjadi pada 1 Januari 2024. Saat itu, seorang wisatawan asal Semarang terseret ombak dan beruntung bisa diselamatkan oleh petugas Satlinmas Wilayah Operasi III Pantai Parangtritis-Depok.

Advertisement

Kejadian kedua terjadi pada 27 Januari 2024 sore. Saat itu ada tiga pelajar asal Sleman terseret ombak Pantai Parangtritis. Tapi, beruntung petugas Satlinmas Wilayah Operasi III Pantai Parangtritis-Depok berhasil menyelamatkan.

Kejadian ketiga terjadi pada 17 Februari 2024. Saat itu ada satu WNA asal Prancis yang terbawa arus dan berhasil diselamatkan petugas. Hal sama juga terjadi pada 25 Februari 2024 ada empat santri asal Magetan, Jawa Timur tenggelam dan berhasil diselamatkan oleh petugas. Lalu tanggal 29 Februari 2024 ada wisatawan asal Banjarnegara terseret ombak dan berhasil diselamatkan.

Memasuki bulan Maret, tepatnya pada 7 Maret 2024, seorang wisatawan asal Slovakia tenggelam dan berhasil diselamatkan oleh petugas. Sementara pada Bulan April, tepatnya 21 April 2024 ada tiga tiga remaja wisatawan asal Madiun, Jawa Timur, terseret arus di Pantai Parangtritis, Bantul dan ketiganya dinyatakan selamat.

Lalu ada kecelakaan laut pada Sabtu (25/6/2024). Saat itu ada tiga wisatawan asal DKI Jakarta terseret arus di Pantai Parangtritis dan ketiganya berhasil diselamatkan.

Terakhir, Rabu (10/7/2024) ada lima wisatawan asal Depok, Jawa Barat dan Belgia yang terseret arus di Pantai Parangtritis. Tiga dinyatakan selamat, dua dinyatakan meninggal dunia.

BACA JUGA: Tiga Wisatawan asal Jakarta Terseret Ombak Pantai Parangtritis Bantul, Begini Kondisinya

Atas kejadian tersebut, Koordinator Satlinmas Wilayah Operasi III Pantai Parangtritis-Depok, Arif Nugraha mengungkapkan sejumlah upaya telah dilakukan pihaknya untuk mencegah wisatawan mandi di laut. Selain memasifkan sosialisasi dan imbauan melalui pengeras suara, Satlinmas juga memasifkan peran petugas.

"Sudah selalu kami ingatkan jangan mandi dan bermain di laut. Apalagi di area palung, karena itu berbahaya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AHY Tergetkan Selesaikan 87 Kasus Mafia Tanah Tahun Ini

News
| Senin, 15 Juli 2024, 12:07 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement