Advertisement

Bangkitkan Budaya Bahari, Pemkab Kulonprogo Gelar Lomba Gerbang Segoro

Newswire
Kamis, 11 Juli 2024 - 05:47 WIB
Ujang Hasanudin
Bangkitkan Budaya Bahari, Pemkab Kulonprogo Gelar Lomba Gerbang Segoro Sejumlah nelayan menghitung hasil tangkapan bersama pengepul ikan di Pantai Congot, Kamis (4/10/2018). - Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Untuk membangkitkan kembali budaya bahari dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat dan ketersediaan pangan protein hewani.di Kabupaten Kulonprogo, pemerintah setempat memggelar lomba gerbang segoro

Kepala Dinas Kelautan dan Perikan (DKP) Kulonprogo Trenggono di Kulon Progo, Rabu (10/7/2024), mengatakan tujuan dari lomba itu adalah meningkatkan kesadaran, peran, dan partisipasi pemangku kepentingan, meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pemangku kepentingan yang kompetitif, profesional, dan akuntabel.

Advertisement

"Lomba gerbang segoro ini dalam upaya membangkitkan kembali budaya bahari untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan ketersediaan pangan protein hewani, serta meningkatkan kolaborasi/ kegotongroyongan antarpemangku kepentingan bidang kelautan dan perikanan," kata Trenggono.

Ia mengatakan pelaksanaan lomba gerbang segoro dimulai Kamis (11/7) sampai 25 Juli 2024. Lomba dilaksanakan di setiap kapanewon. Hari pertama di Kapanewon Sentolo.

Sasaran evaluasi dan penilaian lomba gerbang segoro adalah kelompok pelaku utama perikanan wanita kelompok pembudidaya perikanan (pokdakan) dan kelompok pengolah dan pemasar (poklahsar) yang sudah teregister.

"Pokdakan dan poklahsar harus terdaftar di DKP Kulon Progo," katanya.

BACA JUGA: 5 Kelompok Nelayan Kulonprogo Dapat Izin Penangkapan Benur

Trenggono mengatakan lomba gerbang segoro dibagi menjadi dua kategori yakni kategori poklahsar dan kategori pokdakan. Unsur penilaian poklahsar meliputi inovasi masakan/olahan ikan, kelembagaan, dan aspek pemberdayaan ekonomi.

Unsur penilaian kategori pokdakan meliputi aspek teknis, aspek administrasi dan aspek pemberdayaan.

Dia mengatakan masing-masing kategori memiliki tim penilaian sendiri yakni dari praktisi budidaya perikanan, independen dan swasta/asosiasi untuk kategori pokdakan. Sedangkan tim penilai untuk kategori poklahsar adalah ketua TP PKK, independen, dan praktisi bidang kelautan perikanan.

Tim penilai memberikan hasil seleksi lomba berupa hasil penilaian kelompok pada enam kategori yakni juara I, juara II, juara III, juara harapan I, juara harapan II dan juara harapan III dengan mendapatkan hadiah lomba yang fantastik.

"Tim juri menilai secara profesional supaya produk dari poklahsar dan pokdakan benar-benar menjadi motor penggerakan ekonomi masyarakat," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: DKP Kulon Progo gelar lomba "gerbang segoro" tumbuhkan budaya bahari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement