Advertisement

Puluhan Emak-Emak Membatik Bersama pada Gelaran Seloka 2024

Media Digital
Senin, 15 Juli 2024 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Puluhan Emak-Emak Membatik Bersama pada Gelaran Seloka 2024 Maestro batik asal Yogyakarta Iwan Setiawan alis Lek Iwon memandu kegiatan membatik bersama di Lapangan Kenari, Senin (15/7/2024). - Harian Jogja/Alfi Annissa Karin

Advertisement

JOGJA—Puluhan emak-emak yang tergabung dalam PKK dan Dharma Wanita se-Kota Jogja mengikuti kegiatan Membatik Bersama di Lapangan Panahan Kenari, Senin (15/7/2024). Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam Pameran Sentra Industri Kecil Menengah Lokal (Seloka) yang diinisiasi oleh Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UKM (Dinkop UKM) Kota Jogja.

Gelaran Membatik Bersama dipandu oleh maestro batik Jogja, Iwan Setiawan atau akrab disapa Lek Iwon. Peserta diajak untuk membatik dengan motif kontemporer. Lek Iwon mengatakan motif batik didominasi oleh tema flora dan fauna seperti bunga, kupu-kupu, hingga love. "Peserta membatik di atas media tote bag," ujar Lek Iwon saat ditemui di Lapangan Panahan Kenari, Senin.

Advertisement

Lek Iwon mengaku sengaja membawakan tema kontemporer. Ini menjadi salah satu cara untuk mendekatkan batik dan menarik antusiasme masyarakat untuk membatik. Motif kontemporer lebih mudah untuk dicanting dan lebih fashionable. Lek Iwon mengatakan, kolaborasi ini diharapkan dapat melahirkan pembatik sekaligus menjadi upaya untuk melestarikan predikat Jogja sebagai Kota Batik Jogja. "Upaya memperkuat Jogja sebagai Kota Batik Dunia tidak efektif kalau hanya lewat seminar. Harus ada aksi, roadshow dari kampung ke kampung," katanya.

Kegiatan Membatik Bersama digelar hingga Selasa (16/7/2024). Lek Iwon sengaja menargetkan ibu-ibu sebagai peserta dengan harapan ilmu yang dia ajarkan kepada para peserta bisa ditularkan kepada anak dan orang-orang terdekat, sehingga ke depan batik khususnya batik tulis terus lestari. "Saya mencoba menghubungkan pemerintah dengan masyarakat agar program pemerintah tepat sasaran. Harapannya event seperti Seloka ini bisa terus konsisten dilaksanakan," katanya.

BACA JUGA: Gali Potensi Ekonomi Lokal, Pemkot Jogja Gelar Pameran Seloka

Kepala Dinkop UKM Kota Jogja, Tri Karyadi Riyanto Raharjo, mengatakan pameran tahun ini merupakan gelaran Seloka yang kedua kalinya. Seloka ini menjadi ajang promosi bagi sentra IKM di Kota Jogja, sekaligus untuk mendekatkan pelaku UKM dengan pembeli.

Kegiatan Seloka ini turut mendorong UKM di Kota Jogja naik kelas, baik dari sisi kemasan hingga kualitas produk. Seloka dilaksanakan hingga Sabtu (20/7/2024).

"Total ada 60 stan produk kuliner maupun kerajinan. Terdiri dari 30 sentra IKM, empat rintisan sentra, Forum Komunikasi UMKM, dan berbagai stan lainnya," ujar Totok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement