Advertisement

Mahasiswa Peraih IISMA & ICT 2024 Dilepas ke Sejumlah Kampus di Asia dan Eropa

Newswire
Rabu, 17 Juli 2024 - 06:57 WIB
Sunartono
Mahasiswa Peraih IISMA & ICT 2024 Dilepas ke Sejumlah Kampus di Asia dan Eropa Pelepasan mahasiswa penerima beasiswa ke sejumlah kampus di luar negeri. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Program Studi (prodi) Arsitektur Program Internasional (IP) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia (FTSP UII) melepas mahasiswa peraih program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), Senin (15/7/2024).

Sejumlah mahasiswa itu antara lain Zahra Zakiyah (peraih IISMA 2024 untuk studi di National University of Singapore, Singapura), Jenny Chairani Saban (peraih IISMA  Co-founding 2024 untuk studi di Michigan State University, USA), Andini Zofia Putri Wahyono (peraih IISMA 2024 untuk studi di Humboldt University of Berlin, Jerman) dan Kinasih Marew (peraih IISMA Co-founding 2024 untuk studi Technische Universität Dresden, Jerman).

Advertisement

BACA JUGA : Beasiswa Mahasiswa Raja Ampat Tak Kunjung Cair, Ipmapa DIY: Mereka cuma Dibekali Rp300 ribu

Selain itu ada mahasiswa yang lolos dalam program International Credit Transfer (ICT) yaitu Aisyah Baswedan dan Assyifa Ayeshia (peraih ICT 2024 untuk studi di Universiti Kebangsaan Malaysia, Malaysia), dan Charisa Pradiptajati (peraih ICT 2024 di University of Pecs, Hungaria).

Sekretaris Program Studi Arsitektur pProgram internasional Putu Ayu Pramanasari Agustiananda mengatakan empat tahun berturut-turut prodi arsitektur IP sudah meloloskan sepuluh mahasiswa pada program IISMA Awardees untuk studi selama satu semester di berbagai perguruan tinggi ternama di dunia yang tersebar di Eropa, Amerika Serikat, dan Kanada.

"Untuk program inbound, Jurusan Arsitektur UII akan menjadi tuan rumah kegiatan Learning from Mangunwijaya International Workshop and Exhibition pada tanggal 21 Juli hingga 18 Agustus 2024," katanya.

Adapun program outbound, akan menyasar sejumlah program mobilitas internasional ke berbagai negara di Asia dan Eropa, di antaranya Fatih Sultan Mehmet Vakif University di Turki dan Samarkand State Architecture and Consctruction University di Uzbekistan.

Tujuan dari pelaksanaan program inbound maupun outbound ini harapannya mampu mengembangkan jejaring khususnya pada kancah internasional baik sesama instansi, dosen, hingga mahasiswa. "Meningkatkan pembelajaran studio culture berupa join studio di lingkup internasional dan juga meningkatkan kegiatan catur dharma berupa joint research and publication, studi lanjut dosen, dan joint seminar," katanya.

Ketua Prodi Arsitektur Program Sarjana FTSP UII Hanif Budiman berharap mahasiswa yang terpilih mampu mengembangkan diri tidak hanya sebatas pada kompetensi akademik tetapi juga pengalaman kehidupan.

Sesuai kurikulum yang ada di prodi, dunia arsitektur tidak cukup dengan teori-teori desain, jauh lebih penting adalah pengalaman kehidupan masyarakat secara global yang akan memberikan peluang dan pengalaman agar karier. "Sehingga mahasiswa selepas studi di UII menjadi terbuka luas,” katanya.

Kepala Divisi Mobilitas Internasional UII, Nihlah Ilhami menambahkan sejak 2023 lalu UII berpartisipasi dalam program mobilitas internasional baik inbound maupun outbound yang melibatkan 700 mahasiswa. Selain itu UII juga mendapat hibah ICT, di mana UII masuk dalam 15 universitas yang mendapat hibah dengan mengalahkan lebih dari 4000 perguruan tinggi di Indonesia.

"Mahasiswa yang terpilih dalam mobilitas internasional harus aktif tidak hanya pada lingkungan akademik tetapi juga kegiatan non-akademik seperti mempelajari bahasa lokal ataupun program pengembangan diri yang ada di universitas tujuan mahasiswa," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement