Advertisement

HUT Bantul, Ratusan Orang Ikuti Grebeg Ingkung Pagergunung di Piyungan

Jumali
Rabu, 17 Juli 2024 - 17:57 WIB
Abdul Hamied Razak
HUT Bantul, Ratusan Orang Ikuti Grebeg Ingkung Pagergunung di Piyungan Ratusan orang mengikuti Grebeg Ingkung Pagergunung yang digelar di Pagergunung, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Rabu (17/7/2024). - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Ratusan orang mengikuti Grebeg Ingkung Pagergunung yang digelar di Pagergunung, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Rabu (17/7/2024).

Dalam kegiatan budaya dalam rangka peringatan ulang tahun Kabupaten Bantul ke-193 tersebut, masyarakat juga memperebutkan gunungan ingkung ayam yang sebelumnya dikirab dari dari Kantor Kalurahan Sitimulyo dan berakhir di Makam Sentono di Padukuhan Pagergunung.

Advertisement

BACA JUGA: Promosikan Aerotropolis, Investasi Triwulan 1 Kulonprogo Baru Mencapai Rp34,5 Miliar

Ketua Desa Budaya Sitimulyo Singgih Nurjono mengungkapkan, gunungan ingkung ayam adalah ikon dari pawai budaya di tempat tersebut. Dimana, banyak kegiatan budaya di wilayah Sitimulyo yang menjadikan olahan ingkung sebagai kuliner utamanya.

"Lewat kegiatan ini kami ingin mengenalkan jika desa kami sudah menjadi desa budaya. Di mana ada peninggalan dan cagar budaya berupa Makam Sentono, yang didalamnya ada makam bupati Bantul yang pertama yakni KRT Mangunnegoro," katanya di sela-sela acara.

BACA JUGA: 242 Hektare Lahan Pertanian di Semin Gagal Panen, Kerugian Ditaksir Mencapai Rp1,6 Miliar

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengungkapkan, jika dalam rangkaian hari jadi Kabupaten Bantul ke-193, pihaknya melakukan ziarah ke makam-makam Bupati Bantul terdahulu, termasuk Bupati Bantul pertama yakni KRT Mangunnegoro.

Selain itu, kata Halim dengan kegiatan tersebut juga menjadi sarana untuk menyadarkan masyarakat bahwa Bantul memiliki budaya yang sangat luar biasa. "Sehingga nilai-nilai yang ada ini harus tetap dijaga," ucap Halim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 10 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: Dampak Kerusakan Gempa di Bali Ditangani dengan Cepat

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement