Advertisement

Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo: Uang Ganti Rugi Rp4 Triliun Sudah Dibayarkan untuk Wilayah Klaten

Taufiq Sidik Prakoso 
Kamis, 18 Juli 2024 - 06:47 WIB
Sunartono
Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo: Uang Ganti Rugi Rp4 Triliun Sudah Dibayarkan untuk Wilayah Klaten Proyek Tol Jogja Solo. - JIBI/Bisnis.com/Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Proses pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol Jogja-Solo untuk ruas di wilayah Klaten saat ini sudah mencapai 99,1 persen. Jumlah total nilai uang ganti kerugian lahan terdampak  tol Jogja-Solo yang sudah dibayarkan tim pengadaan lahan kepada pemilik lahan mencapai Rp4 triliun.

Pegawai Staf Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) jalan  tol Jogja-Solo, Christian Nugroho, menjelaskan hingga kini jumlah total lahan yang sudah dibebaskan sebanyak 3.868 bidang dengan total luas lebih dari 3 juta meter persegi.

Advertisement

BACA JUGA : Jumlah Bidang Tanah Terdampak Tol Jogja-Solo di Condongcatur Bertambah, Mayoritas Tempat Usaha

“Total nilai UGK [uang ganti kerugian tol Jogja-Solo] yang dibayarkan Rp4.168.402.000.000. Untuk progres [pembebasan lahan] sudah 99,1 persen [dari target],” kata Christian kepada wartawan di Klaten, Rabu (17/7/2024).

Christian menambahkan pada Selasa (16/7/2024) ada pembayaran uang ganti kerugian untuk warga yang menempati tiga bangunan di wilayah Desa Ngabeyan, Kecamatan Karanganom. Nilai ganti kerugian untuk bangunan terdampak jalan tol Jogja-Solo di Klaten itu mencapai Rp987 juta.

“Itu khusus UGK tiga bangunannya. Untuk tanahnya tidak [mendapatkan ganti kerugian] karena tanah negara,” kata Christian.

Pembayaran uang ganti rugi pembebasan lahan untuk jalan tol Jogja-Solo juga sudah dilakukan untuk pemindahan sejumlah makam di lahan tol Solo-Jogja. Salah satu kompleks permakaman itu berada di Desa Taskombang, Kecamatan Manisrenggo.

Pembebasan lahan untuk proyek pembangunan jalan tol Jogja-Solo rata-rata tersisa untuk tanah kas desa. Sekitar 25 bidang tanah kas desa belum dibebaskan lantaran masih menunggu izin gubernur.

“Ada 25 bidang tanah kas desa yang belum dibebaskan. Ada di Dompyongan [Kecamatan Jogonalan], Desa Borangan [Kecamatan Manisrenggo], dan Desa Tangkisanpos [Kecamatan Jogonalan]. Proses sudah berjalan dan saat ini menunggu izin gubernur,” jelas Christian.

Christian menjelaskan pembayaran uang ganti kerugian untuk pembebasan lahan jalan tol Jogja-Solo di wilayah Klaten sudah bergulir selama 3,5 tahun. Dia menilai tahapan pembebasan lahan di wilayah Klaten terhitung cepat jika dibandingkan wilayah lain.

BACA JUGA : Satu Bidang TKD Condongcatur Terdampak Tol Jogja-Solo

Dia pun membeberkan faktor penyebab cepatnya pembebasan lahan jalan tol Jogja-Solo di Klaten. “Adanya sinergi dengan Pemkab, BPN, dan bantuan dari perangkat desa yang membantu percepatan proses pemberkasan. Untuk target selesai pengadaan Desember 2024,” ungkap Christian.

Kepala Desa Taskombang, Kecamatan Manisrenggo, Aris Sumarno, menjelaskan ada 310 makam yang akan direlokasi lantaran diterjang proyek jalan tol Jogja-Solo. Dia menjelaskan uang ganti kerugian untuk relokasi makam sudah dibayarkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement