Advertisement

MPLS SMA Pangudi Luhur Yogyakarta, Ratusan Siswa Diajak Berkeliling Gedung Agung dan Benteng Vredeburg

Media Digital
Kamis, 18 Juli 2024 - 17:57 WIB
Maya Herawati
MPLS SMA Pangudi Luhur Yogyakarta, Ratusan Siswa Diajak Berkeliling Gedung Agung dan Benteng Vredeburg Kegiatan kunjungan siswa baru SMA Pangudi Luhur Yogyakarta ke Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta dalam rangkaian masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS), Kamis (18/7/2024). - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

JOGJA—SMA Pangudi Luhur Yogyakarta menggelar masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS), Kamis (18/7/2027). Ratusan siswa baru diajak berkeliling ke sejumlah tempat. Kunjungan dimulai dari Benteng Vredeburg. Selanjutnya, sebanyak 179 siswa baru ini berpencar ke beberapa lokasi lainnya.

Sebagian ke Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta, Bank Indonesia, dan sebagian lainnya ke Kantor Pajak Pratama Yogyakarta.

Advertisement

Seksi Acara MPLS SMA Pangudi Luhur Yogyakarta, C. Endang Arijati Wardani, menuturkan jajarannya mengajak siswa baru untuk mengunjungi berbagai lokasi di sekitar sekolah.

Tujuannya, agar siswa paham lingkungan SMA Pangudi Luhur. Pihaknya juga memilih Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta untuk dikunjungi.

Sebab, ini menjadi lokasi yang bersejarah dan tempat penting saat ada kunjungan presiden. "Diharapkan siswa mengerti dari mana sejarah istimewanya Yogyakarta," kata Endang saat ditemui di Gedung Agung, Kamis (18/7/2027).

Endang menyebut, MPLS SMA Pangudi Luhur 2024 mengusung tema Pamukaraya atau Pangudi Luhur Muda Berkarakter, Berprestasi, dan Berbudaya.

Hari ini merupakan hari keempat pelaksanaan MPLS. Selama tiga hari sebelumnya, pihak sekolah memberikan berbagai sosialisasi, termasuk aturan dan kurikulum sekolah.

Endang memastikan siswa tak diminta untuk membuat atribut yang rumit. Properti yang digunakan hanya name tag untuk memudahkan siswa mengenal siswa lainnya. Pihak sekolah juga memberikan ketentuan soal ukuran name tag.

"Kadang ukurannya sudah jelas, tapi masih ada yang bertanya. Literasi memang harus ditingkatkan untuk membaca petunjuk," katanya.

Kepala SMA Pangudi Luhur Yogyakarta, Titus Totok, menjelaskan Pangudi Luhur yang berbudaya menjadi salah satu visi. Pada MPLS kali ini diwujudkan dengan mengenakan pakaian adat Jawa.

Ini untuk membiasakan siswa memakai pakaian adat gagrak Jawa, sekaligus menjadi cara untuk melestarikan budaya Jawa. Apalagi letak SMA Pangudi Luhur tak jauh dari Sumbu Filosofi, yaitu kawasan Malioboro. "Mudah-mudahan kami menjadi bagian dari pelajar Jogja yang bersahabat, ramah, dan tentu juga berprestasi," kata Titus. (***)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement