Advertisement

Sah, Koalisi Sleman Bersatu Mengusung Harda Kiswaya Sebagai Bacabup di Pilkada 2024

David Kurniawan
Kamis, 18 Juli 2024 - 14:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Sah, Koalisi Sleman Bersatu Mengusung Harda Kiswaya Sebagai Bacabup di Pilkada 2024 Harda Kiswaya (pakai peci) saat menerima dukungan untuk maju sebagai bakal calon bupati Sleman dari Ketua Koalisi Sleman Bersatu, Sukpatana di kantor DPD Golkar Sleman. Kamis (18/7/2024) Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Koalisi Sleman Bersatu (KSB) yang terdiri dari gabungan Gerindra, PKS, Golkar, PPP dan NasDem secara resmi mengusung mantan Sekda Sleman Harda Kiswaya untuk maju sebagai calon bupati di Pilkada 2024. Deklarasi dukungan dibacakan di area Lapangan Denggung, Kamis (18/7/2024).

Penunjukan Harda sebagai bakal calon bukan hal yang mengejutkan. Pasalnya, saat pembentukan KSB di 3 Juni 2024 lalu, Harda terlihat hadir dalam acara tersebut.

Advertisement

Hanya saja, ia bersama dengan pengurus partai yang tergabung dalam koalisi belum mau memberikan statmen terkait dengan pencalonan. Namun dengan addanya deklarasi ini, maka selangkah lagi Harda bisa maju dalam pemilihan yang berlangsung di 27 November mendatang.

BACA JUGA: 3 Wamen Baru Dilantik Jokowi Hari Ini, Ada Ponakan Prabowo dan Sudaryono

Ketua KSB, Sukaptana mengatakan, tindaklanjut dari pembentukan koalisi bersama yang melibatkan lima partai, akhirnya ditunjuk bakal calon bupati yang akan diusung. Hasil keputusan bersama, koalisi sepakat mengusung mantan Sekda Sleman, Harda Kiswaya.

“Dengan gabungan lima partai yang jumlah anggota DPRD di Sleman 24 kursi, maka sudah mencukup untuk mengusung calon. Sebab, secara ketentuan hanya dibutuhkan sepuluh kursi saja agar bisa mengusung calon di pilkada,” kata Sukaptana, Kamis siang.

Dia menjelaskan, untuk dukungan saat ini baru sebatas surat tugas yang mendelegasikan sebagai calon bupati. Namun, ia memastikan, bahwa surat tugas ini merupakan langkah awal untuk mendapatkan rekomendasi dari DPP.

“90% partai tergabung dalam KSB akan mengusung Pak Harda. Memang baru surat tugas karena rekomendasi belum bisa turun karena didalamnya harus berisi pasangan [calon bupati dan wakil bupati], sekarang yang ada baru calon bupatinya,” kata Ketua DPC Gerindra Sleman ini.

Ketua DPC PPP Sleman, Untung Rahmad Basuki mengatakan, pemilihan Harda Kiswaya sebagai bakal calon bupati bukan tanpa alasan. Pasalnya, yang bersangkutan memiliki popularitas yang tinggi dan dikenal dekat dengan Masyarakat.

Sebagai seorang abdi negara, ia juga merintis karir dari bawah dan bukan karena proses yang instan. Hal ini terbukti pada saat pensiun berhasil menduduki jabatan tertinggi ASN di lingkup Pemkab Sleman.

“Dengan proses berjenjang untuk menjadi sekda, maka secara alami terlihat bagaimana kepemimpinan sosok dari Pak Harda sehingga kami menjatuhkan pilihan mendukungnya,” katanya.

BACA JUGA: Usai Geledah Kompleks Balai Kota, KPK Periksa Sejumlah Pejabat Pemkot Semarang

Bakal Calon Bupati dari KSB, Harda Kiswaya mengatakan, terima kasih ata kepercayaan dari lima partai tergabung di KSB yang telah memberikan mandat untuk maju sebagai calon bupati di Pilkada 2024. Ia memberikan diri maju di kontestasi karena ingin membawa Sleman yang lebih baik lagi.

“Pesan dari orang tua, jadilah orang yang bermanfaat. Untuk itu, saya ingin memberikan manfaat bagi warga Sleman untuk lebih baik lagi,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement