Advertisement

Lagi, 2 WNA Diduga Melakukan Tindak Penipuan dengan Cara Hipnotis di Gunungkidul

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 18 Juli 2024 - 13:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Lagi, 2 WNA Diduga Melakukan Tindak Penipuan dengan Cara Hipnotis di Gunungkidul Pemilik warung kelontong, Sukini sedang menceritakan kronologi dugaan penipuan oleh dua bule di Padukuhan Gading II, Kalurahan Gading, Playen, Kamis, (18/7/2024). Harian Jogja - Andreas Yuda Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dua warga negara asing (WNA) diduga melakukan penipuan di sebuah warung, Padukuhan Gading II, Kalurahan Gading, Playen pada Senin, (15/7/2024).

Kedua bule ini diduga merupakan orang yang sama yang pernah bertindak serupa di Kapanewon Purwosari dan Panggang.

Advertisement

Pemilik Warung, Sukini mengatakan ada dua WNA yang turun dari mobil putih yang terparkir di seberang jalan. Dua orang ini bertubuh pendek dan tinggi. Salah satu di antara mereka ingin menukar dua lembar uang Rp50.000 dengan satu lembar uang Rp100.000 model lama.

BACA JUGA: Viral 2 Bule Menipu di Kios Warga Gunungkidul, Begini Kronologinya

“Bule yang pendek itu sudah tua lah. Kalau yang tinggi kelihatan masih muda. Mereka seperti orang Pakistan. Di dalam mobil ada juga sopirnya tapi tidak kelihatan,” kata Sukini ditemui di warungnya, Kamis, (18/7/2024).

Bule tua ini pakai kemeja biru dan celana hitam. Kalau bule muda pakai kaos. Tiba-tiba, kata dia bule bertubuh pendek sudah berada di dalam warung. Bule ini kemudian melihat-lihat dan mencermati mainan anak yang berada di sebuah rak. Anaknya mengatakan kalau uang Rp100.000 model lama tidak ada.

Bule yang ternyata bisa menggunakan bahasa Indonesia ini memakai pakaian rapih. Sukini mengira mereka merupakan wisatawan biasa yang melancong di Gunungkidul.

Dua bule ini kelabakan lantaran aksinya diketahui tetangga Sukini. Mereka kemudian masuk mobil dan pergi ke arah Jogja, tapi tidak lama setelah itu mereka berbalik menuju arah Wonogiri. Beruntung Sukini belum memberikan uang sepeser pun.

BACA JUGA: WNA Asal Spanyol Laporkan Rekannya Sesama WNA Spanyol karena Dugaan Penipuan

Kapolres Gunungkidul, AKBP Ary Murtini mengatakan informasi yang dia dapat ada dua kejadian dugaan hipnotis yaitu di Kapanewon Panggang dengan satu informasi dan Purwosari dengan dua informasi.

“Kami menindaklanjuti dengan meminta bantuan dan perintah kepada para kapolsek, bhabinkamtibmas, termasuk petugas di Polres harus melakukan sambang untuk memberi penyuluhan supaya tidak mudah jadi korban hipnotis,” kata Ary.

Ary belum dapat menyatakan apakah kedua bule ini benar-benar WNA. Polisi sedang melakukan penyelidikan sembari melakukan tindakan preventif dan preemtif. Belum ada kerja sama dengan Kantor Imigrasi.

Melalui rekaman CCTV yang didapat Polres, Ary menegaskan bahwa nomor polisi mobil bule ini tampak sengaja diburamkan agar tidak mudah dideteksi. Dia meminta waktu untuk menyelidiki kejadian ini.

Kasi Humas Polres Gunungkidul, AKP Suryanto membenarkan ada informasi duggan hipnotis di Kalurahan Gading. “Informasi ini sedang kami tindak lanjuti,” kata Suryanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement