Advertisement

Awan Panas Guguran Merapi Capai 1,2 Km, Waspadai Titik Zona Merahnya

Catur Dwi Janati
Senin, 22 Juli 2024 - 19:37 WIB
Arief Junianto
Awan Panas Guguran Merapi Capai 1,2 Km, Waspadai Titik Zona Merahnya Potret awan panas guguran di Gunung Merapi pada Senin (22/7/2024) yang terpantau oleh BPPTKG. - Istimewa // BPPTKG 

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Awan panas guguran terpantau terjadi awal pekan ini di Gunung Merapi. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mengungkapkan jarak luncur awan panas guguran yang terjadi bahkan mencapai 1,2 kilometer.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Agus Budi Santoso menjelaskan kejadian awan panas guguran terjadi pada Senin (22/7/2024) pukul 04.04 WIB. Amplitudo maksimum awan panas guguran kali ini mencakup 40 milimeter dengan durasi sekitar dua menit. "Durasi 126 detik, jarak luncur 1.200 meter ke arah Kali Bebeng, arah angin ke barat," kata Agus, Senin.

Advertisement

Mengingat potensi bahayanya, masyarakat diminta Agus untuk menjauh dari daerah bahaya. "Masyarakat diimbau untuk menjauhi daerah bahaya yang direkomendasikan," ujar dia.

Tak hanya awan panas guguran, sejumlah guguran lava juga terjadi awal pekan ini. Pada periode pengamatan pukul 00.00 WIB-06.00 WIB, terpantau ada sembilan kali guguran lava yang terjadi di Gunung Merapi. "Sembilan kali guguran lava ke arah Kali Bebeng dengan jarak luncur maksimum 1.900 meter," ujar dia. 

Masih di hari yang sama, tepatnya pada periode pengamatan pukul 06.00-12.00 WIB, beberapa guguran lava masih terus terjadi. Akan tetapi jumlah guguran yang terjadi lebih sedikit dari periode pengamatan sebelumnya. "Teramati tujuh kali guguran lava ke arah barat daya atau Kali Bebeng dengan jarak luncur maksimum 1.700 meter," kata dia. 

Mengacu pada sejumlah aktivitas vulkanik yang ada Gunung Merap berupa aktivitas erupsi efusif, maka aktivitas Gunung Merapi ditetapkan dalam tingkat Siaga.

BACA JUGA: Sepekan Terakhir Gunung Merapi Keluarkan Ratusan Guguran Lava

Pada level ini, Agus menerangkan potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan–barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal lima kilometer, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal tujuh kilometer. Sementara di sektor tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal tiga kilometer dan Sungai Gendol lima kilometer. "Lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius tiga kilometer dari puncak," tuturnya. 

Selain itu Agus juga menjelaskan data pemantauan menunjukkan bila suplai magma masih berlangsung. Aktivitas ini dapat memicu terjadinya APG dalam daerah potensi bahaya. Oleh karena itu masyarakat diimbau Agus untuk tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya. "Masyarakat agar mewaspadai bahaya lahar dan Awan Panas Guguran (APG) terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Badan Geologi Ingatkan Pemda Beri Perhatian Kawasan Rawan Bencana

News
| Sabtu, 07 September 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement