Advertisement

Begini Sistem Kompetisi Liga 2 2024/2025, PSIM Tergabung di Grup Tengah Bareng Tim-Tim Ini

Yosef Leon
Kamis, 25 Juli 2024 - 21:07 WIB
Arief Junianto
Begini Sistem Kompetisi Liga 2 2024/2025, PSIM Tergabung di Grup Tengah Bareng Tim-Tim Ini PSIM Jogja - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Liga 2 2024/2025, PSIM Jogja dikabarkan tergabung ke dalam grup tengah. Liga 2 musim depan dijadwalkan bergulir mulai September 2024 mendatang. Adapun, pembagian grup, regulasi dan format kompetisi kasta kedua kompetisi sepak bola tanah air itu dibahas dalam agenda Club Owners Meeting Liga 2 yang digelar Kamis (25/7/2024). 

Dari informasi yang dihimpun, format kompetisi Liga 2 2024/2025 yang diikuti oleh 26 tim itu dibagi menjadi tiga grup. Grup barat dan tengah diisi masing-masing sembilan tim sementara grup timur berjumlah delapan tim. 

Advertisement

Babak pendahuluan akan dimainkan tandang-kandang dan masing-masing tiga tim peringkat teratas dari grup barat dan tengah. Selain itu pula dengan ditambah dua tim pemuncak grup timur yang akan maju ke delapan besar yang dibagi ke dalam dua grup berisi masing-masing empat tim. 

Sementara babak delapan besar dimainkan dengan sistem kompetisi penuh (tandang-kandang), di mana raihan peringkat tim pada babak pendahuluan akan menentukan masuk ke dalam grup X atau Y.

Juara grup akan langsung melaju ke babak final Liga 2 dengan sistem single match dan otomatis lolos ke Liga 1. Sementara peringkat dua grup X dan Y memperebutkan satu tiket pada laga playoff untuk promosi ke Liga 1. 

Di Grup Tengah, PSIM Jogja bertemu dengan Persikas Subang, Persekat Tegal, Bhayangkara FC, Persijap Jepara, Persiku Kudus, Persipa Pati, Nusantara United FC dan Adhyaksa Farmel FC.

Laskar Mataram diprediksi bisa lolos ke babak delapan besar dengan materi skuad yang ada, tapi tantangan berat akan menghadang di babak selanjutnya. 

Manajer PSIM Jogja, Razzi Taruna mengatakan dalam pertemuan Club Owners Meeting Liga 2 itu federasi dan operator liga sepakat dengan finalisasi mengenai grup, format, dan regulasi Liga 2 itu.

Dari pertemuan ini juga sudah ditentukan pembagian grup dan PSIM Jogja mendapatkan posisi di grup tengah. "Grup ini sudah tidak bisa diubah lagi karena itu memang berdasarkan zonasi/wilayah," ujar dia. 

Selain itu pada pertemuan ini, kata Razzi pihaknya mengapresiasi karena PSSI dan PT. LIB selaku operator Liga 2 mau mendengarkan dan berdiskusi dengan klub peserta.

Pasalnya, dari pertemuan sebelumnya, para pengurus klub peserta Liga 2 keberatan jika kompetisi memakai wacana format yang disampaikan awal dulu.

"Siapapun lawan kami musim ini, pastinya selalu siap. Karena kami juga sudah persiapan jauh-jauh hari, sudah mulai latihan, sudah pemusatan latihan. Semoga dengan semua upaya ini bisa mewujudkan cita-cita kita bersama," kata Razzi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tak Masuk Kabinet Prabowo, Menteri Basuki Pamit

News
| Rabu, 16 Oktober 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement