Advertisement

Lumba-Lumba 150 Kilogram Terdampar di Pantai Sepanjang Gunungkidul

Andreas Yuda Pramono
Selasa, 30 Juli 2024 - 16:27 WIB
Sunartono
Lumba-Lumba 150 Kilogram Terdampar di Pantai Sepanjang Gunungkidul Ilustrasi lumba-lumba - ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—SAR Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah II Pantai Baron, Kabupaten Gunungkidul menemukan lumba-lumba terdampar dalam keadaan mati di Pantai Sepanjang, Kalurahan Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Selasa (30/7/2024). Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta kemudian menguburkan bangkai mamalia tersebut.

Koordinator SAR SRI Wilayah II Pantai Baron, Marjono mengatakan keberadaan bangkai lumba-lumba tersebut diketahui pada Selasa pukul 08.00 WIB. Mamalia ini memiliki berat sekitar 150 kg, panjang 230 cm, sirip dada 39 cm, sirip punggung 32 cm, sirip perut dan dubur rusak, dan sirip ekor 45 cm.

Advertisement

BACA JUGA : Pertunjukkan Lumba-Lumba di Sleman Tuai Protes

Adapun lebar kepala 40 cm, lebar dada 90 cm, mulut 24 cm, ekor 45 cm, dan lebar total ikan 120 cm. Setelah petugas SAR mendatangi tempat kejadian, SAR lalu membuat laporan ke BKSDA dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Gunungkidul.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP Gunungkidul, Wahid Supriyadi mengatakan ada beberapa spekulasi terdamparnya ikan tersebut seperti umur yang sudah tua, sakit, kehilangan arah/ terpisah dari kelompoknya dalam proses migrasi atau mencari makan.

Sebelum bangkai yang diprediksi lumba-lumba itu dikuburkan, pihaknya melibatkan dokter hewan dari Pos Perikanan Terpadu dari DKP Gunungkidul untuk melakukan pemeriksaan awal.

“Kami sudah melaku tindakan dengan menguburkan bangkai mamalia laut itu dengan perkiraan berat 150 kg itu di dekat lokasi penemuan untuk menghindari dampak buruk bila tidak segera dikuburkan,” kata Wahid, Selasa.

Menurut dia, perairan Pantai Sepanjang merupakan lintasan migrasi mamalia air, termasuk lokasi mencari makan. Jauh sebelum penemuan itu, pada 2020, DKP Gunungkidul juga mencatat ada lumba-lumba yang terombang-ambing di perairan Pantai Sundak, Kalurahan Tepus, Tepus dalam keadaan mati.

BACA JUGA : Bangkai Lumba-Lumba Terdampar di Pantai Sundak Gunungkidul

Panjang lumba-lumba itu juga tidak jauh dengan ukuran mamalia air di Pantai Sepanjang kali ini. Panjangnya sekitar 2,5 meter dengan bobot  mencapai kurang lebih 3 kuintal. SAR, kala itu, menduga lumba-lumba itu terkena jaring nelayan dan mati. Pasalnya, keadaan ombak cenderung landai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement