Advertisement

Waspada Kepunahan Keanekaragaman Hayati Akibat Kerusakan Lingkungan

Newswire
Minggu, 11 Agustus 2024 - 06:07 WIB
Sunartono
Waspada Kepunahan Keanekaragaman Hayati Akibat Kerusakan Lingkungan Para pelajar jenjang SMA di seluruh DIY dihadirkan ke Enviro Fest 2024. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Potensi menurunnya populasi keanekaragaman hayati akibat kerusakan lingkungan makin terus dirasakan. Upaya kampanye pelestarian lingkungan harus terus dilakukan melalui beragam edukasi kepada masyarakat, khususnya para pelajar.

Ketua Prodi Teknik Lingkungan UII Awaludin Nurmiyanto menjelaskan potensi punahnya keanekaragam hayati populer dengan sebutan biodiversity loss. Kondisi yang paling dirasakan adalah tingginya suhu panas bumi dan pencemaran lingkungan berdampak pada banyaknya keanekaragam hayati yang hilang.

Advertisement

BACA JUGA : DLH Magelang Diminta Konsisten Menjalankan Program Proklim

"Kalau dulu kepunahan terjadi karena hewan mati, tumbuhan mati. Sekarang bisa kita lihat mendekati sejuta keanekaragaman akan hilang, ini harus kita waspadai. Misalnya kalau kumbang saja hilang, jangan-jangan kita tidak bisa ngopi karena kumbang tidak ada yang menyerbuk bunga kopinya," katanya dalam kegiatan Enviro Fest 2024, Sabtu (10/8/2024).

Selain itu suhu semakin panas tetapi kopi hanya bisa hidup di tempat yang dingin. Hal ini bisa mengacaukan ekosistem. "Biodiversity loss, pencemaran plastik masuk ke ikan, masuk ke tubuh manusia dan keturunan bisa terdampak," katanya.

Oleh karena itu ia merasa perlu melakukan kampanye upaya menjaga lingkungan salah satunya dengan menghadirkan para pelajar jenjang SMA di seluruh di DIY ke Enviro Fest 2024 di FTSP UII. "Pesertanya sekitar 100 lebih jenjang SMA, mereka kami edukasi terkait menjaga lingkungan, penanganan sampah juga. Karena di Jogja persoalan sampah masih terjadi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Koordinasi KPK Soal Pemberantasan Korupsi dengan Menko Polhukam Berjalan Baik

News
| Senin, 16 September 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement