Advertisement

UGM Skrining Kesehatan Mental Mahasiswa lewat KRS, Ini Tujuannya

Catur Dwi Janati
Selasa, 13 Agustus 2024 - 20:47 WIB
Arief Junianto
UGM Skrining Kesehatan Mental Mahasiswa lewat KRS, Ini Tujuannya Ilustrasi kesehatan mental. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan sejumlah upaya untuk menjaga kualitas kesehatan mental mahasiswanya. Tujuannya adalah meminimalkan dampak terganggunya kesehatan mental mahasiswa, salah satunya adalah upaya bunuh diri. 

Sekretaris Universitas UGM, Andi Sandi menjelaskan upaya untuk meminimalkan tindakan bunuh diri itu dilakukan dengan cara melakukan skrining kesehatan mental saat mahasiswa mengisi Kartu Rencana Studi (KRS). 

Advertisement

"Upaya yang sudah dan sedang dilakukan adalah dengan melakukan skrining kesehatan mental bagi seluruh mahasiswa ketika mereka mengisi KRS," kata Andi Sandi, Selasa (13/8/2024).

Jika skrining dalam KRS menemukan adanya indikasi permasalahan kesehatan mental pada mahasiswa, ada unit khusus yang akan diterjunkan untuk mencegah terjadinya tindakan yang tidak diinginkan.

"Apabila ditemui adanya gangguan terhadap kesehatan mental mahasiswa, maka Unit Layanan Kesehatan Mental akan mengintervensi guna menghindari hal ini [bunuh diri]," ujar dia.

BACA JUGA: Hati-hati! Gangguan Kesehatan Mental Bisa Menyebar di Antara Kelompok Remaja

Di sisi lain Andi Sandi mendorong agar para mahasiswa berani untuk terbuka terkait dengan kondisi kesehatan mentalnya. Bila terbuka, kampus bisa segera melakukan bantuan agar tindakan yang tidak diinginkan dapat dicegah.

"Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa agar mau dan berani share kondisi mentalnya. Tujuannya, agar universitas, fakultas, sekolah atau unit kerja dapat segera melakukan bantuan atau intervensi agar kejadian serupa tidak terjadi lagi.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengamanan Pilkada 2024, Ini Strategi yang Disiapkan Polri

News
| Selasa, 10 September 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement