Advertisement

Hadapi Potensi Megathrust, Komisi A DPRD DIY Inisiasi Pelatihan Pos Komunikasi Siaga Bencana Gempa Bagi Perangkat Kalurahan & Kelurahan

Ujang Hasanudin
Jum'at, 16 Agustus 2024 - 20:47 WIB
Ujang Hasanudin
Hadapi Potensi Megathrust, Komisi A DPRD DIY Inisiasi Pelatihan Pos Komunikasi Siaga Bencana Gempa Bagi Perangkat Kalurahan & Kelurahan Foti ilustrasi seismograf gempa bumi / StockCake

Advertisement

JOGJA—Badan Meteorologi, Klimatolgi, dan Geofisika (BMKG) menyebut Indonesia berpotensi dilanda gempa berkekuatan besar atau megathrust. Guna mencegah dan mengurangi dampak bencana gempa yang terjadi dibutuhkan kemampuan mitigasi bencana, terutama kemampuan dan kesiapsiagaan masyarakat agar tangguh kala hadapi bencana.

"Bencana gempa bumi, di Yogyakarta dalam skala besar pernah terjadi di 2006 dan berdampak pada masyarakat. Komisi A DPRD DIY inisiasi pelatihan pos komunikasi siaga gempa bagi perangkat kalurahan dan kelurahan," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan, Jumat, 16/8/2024.

Advertisement

Eko Suwanto menjelaskan dalam rapat pembahasan KUA PPAS Tahun 2025 bersama BPBD DIY dan TAPD Pemda DIY telah dibahas sejumlah program kebijakan untuk mengantisipasi dampak bencana yang berpotensi terjadi.

BACA JUGA: Potensi Ancaman Megathrust di Selat Sunda, Ini Komentar BPBD DIY

BACA JUGA: Ramai-Ramai Soal Megahrust, Ini Fakta-Faktanya

Bencana gempa salah satu yang membutuhkan kecakapan penanganan dan upaya pengurangan dampaknya.

"Informasi yang benar untuk mitigasi bencana penting terkelola dengan baik. Termasuk bagi perangkat desa dan kelurahan yang ada di DIY," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kapal Tenggelam, 1 Orang Tewas

News
| Rabu, 18 September 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Wisata Kampung Belgia di Jember Tawarkan Agrowisata Heritage

Wisata
| Minggu, 15 September 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement